Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Awal Jajal Chery Omoda 5, Mesin Halus dan Responsif

Kompas.com - 12/02/2023, 08:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Chery Motor Indonesia siap memasarkan Omoda 5 buat konsumen Tanah Air. Buat yang penasaran, mobil pesaing Honda HR-V ini bakal mejeng di pameran IIMS 2023.

Sebagai perkenalan, kami berkesempatan menjajal Omoda 5 dalam waktu dan tempat yang terbatas di kawasan BSD, Tangerang, belum lama ini.

Di atas kertas, Omoda 5 mengusung mesin 1.494 cc 4-silinder turbo bertenaga 155 Tk pada 5.500 rpm dan torsi 230 Nm pada 1.750-4.000 rpm.

Baca juga: Alasan Bandung Semakin Macet karena Jumlah Kendaraan Hampir Sama dengan Populasi Penduduk

Chery Omoda 5KOMPAS.com/ADITYO WISNU Chery Omoda 5

Respons mesin terasa cekatan di berbagai rentang putaran mesin. Torsi besarnya memang terbukti walaupun hanya dalam pengujian singkat.

Untuk mencapai kecepatan 100 kpj terasa cepat dan minim entakan. Hal ini berkat penyaluran tenaga melalui transmisi CVT yang halus.

Mesin turbonya terasa lebih dari cukup buat pemakaian dalam kota. Suaranya pun cukup hening dan minim getaran saat dipakai berkendara.

Baca juga: 3 Tes Mudah Mengecek Kondisi Transmisi Matik Mobil Bekas

Satu yang menjadi catatan pada mobil ini adalah bantingan suspensi yang tergolong kaku. Namun efek positif tentu saja karakter pengendalian yang lebih stabil dibandingkan model Chery lainnya.

Kemudian, dengan dimensi (PxLxT) 4.800 mm x 1.830 mm x 1.585 mm, serta wheelbase 2.630 mm, mobil ini punya dimensi yang cukup ringkas.

Ketika dibawa berkendara di tengah kota, mengendarai mobil ini terasa cukup mudah. Kekurangan hanya berada pada visibilitas ke bagian belakang yang agak sempit, karena atap yang rendah ke bagian belakang.

Buat yang suka nyetir, mengendarai mobil ini terasa menyenangkan. Tapi bagi yang membutuhkan kelegaan kabin dan kenyamanan lebih baik, konsumen mungkin bisa melirik Tiggo 7 Pro atau Tiggo 8 Pro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com