Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Standar Tinggi, Mesin Buatan Chery Mampu Tembus Pasar Global

Kompas.com - 10/02/2023, 11:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

WUHU, KOMPAS.com - Chery memasarkan produknya tak hanya untuk pasar lokal, tapi juga ekspor. Beberapa modelnya sudah dinikmati di 80 negara tujuan.

Ini jadi salah satu bukti secara kualitas, baik material, desain, fitur, teknologi, sampai perfoma mesin yang diciptakan Chery tidak main-main.

Apalagi beberapa negara tujuan ekspor pada umumnya punya standar tinggi. Tak hanya dari sisi keselamatan, tapi juga terkait emisi gas buang.

Lantas apakah untuk memenuhi standar di tiap negara Chery selalu mengembangkan teknologi atau mesin khusus guna memenuhi regulasi yang ada?

Baca juga: Ulas Fitur All New Perodua Axia, Calon Daihatsu Ayla di Indonesia

Ekspor mobil China dan CheryChery Ekspor mobil China dan Chery

Menjawab hal ini, Engine Power Leader Chery International Gu Chun Shan menjelaskan, pengembangan mesin yang dilakukan tak sekadar untuk memenuhi regulasi yang ada di China, tapi juga pasar dunia.

"Seperti yang diketahui, China memiliki peraturan keamanan paling tinggi untuk emisi. Artinya, jika kami sudah mampu memenuhi standar China, yang lain seperti Eropa sudah memiliki validasi dan tak ada masalah atau melakukan perubahan besar untuk pasar lain," ucap Gu Chun Shan saat berbincang dengan media di Wuhu, China, Kamis (9/2/2023).

Lebih lanjut dia menjelaskan, China saat ini menggunakan standar Euro 6 termasuk pada mesin yang disematkan pada produk-produk keluaran Chery.

Dengan demikian, untuk standar emisi yang dimiliki produk Chery, tidak ada masalah untuk bisa masuk ke pasar manapun, termasuk negara-negara di Eropa.

Namun, sebagai upaya terus menghadirkan produk yang berkualitas serta sejalan dengan regulasi yang ada, saat ini Chery juga sudah mulai menuju ke arah standar emisi Euro 7.

"Sudah mulai dikembangkan, kemungkinan paling cepat pada 2025 nanti mesin Chery sudah standar Euro 7," ujar Gu Chun Shan.

Baca juga: Berani Berinovasi, Antarkan Chery Kuasai Ekspor Mobil China

Ketika ditanya berapa lama waktu yang dibutuhkan Chery membangun powertrain bagi jajaran produknya, Gu Chun Shan menjelaskan, dengan investasi tinggi untuk fasilitas research and development (R&D) mesin, waktunya jauh lebih singkat.

Apalagi Chery sudah dikenal sebagai pabrikan lokal asal China pertama yang sudah mengembangkan teknologi mesin, transmisi, sampai sasis.

Produksi pabrik Chery di Wuhu, ChinaChery Produksi pabrik Chery di Wuhu, China

"Kami telah mengembangkan mesin lebih dari 20 tahun. Dulu untuk pengembangan sekitar tiga sampai lima tahun, saat ini dengan peningkatan kapasitas hanya perlu waktu dua tahun untuk Chery mengembangkan mesin baru," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com