Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Platform DNGA, Toyota Agya Meluncur Hari Ini?

Kompas.com - 13/02/2023, 06:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi terbaru dari mobil murah berjenis low cost green car (LCGC) Toyota Agya siap meluncur siang hari ini, Senin (13/2/2023) di Jakarta.

Informasi tersebut diperoleh dari undangan yang masuk ke redaksi Kompas.com, di mana perseroan menyebutkan helatan itu akan menjadi World Premiere. Namun, memang tidak disebutkan secara jelas apa produk yang akan dihadirkan nanti.

"Untuk produk baru kami belum bisa komentar, tunggu saja," kata Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM) saat dihubungi, Sabtu (11/2/2023).

Baca juga: Cara Memilih Bengkel yang Profesional dan Tidak Getok Harga

Toyota Agya di GIIAS 2021KOMPAS.com/Dio Toyota Agya di GIIAS 2021

Dugaan Agya generasi terbaru akan diluncurkan dalam waktu dekat, berawal dari salah satu sumber Kompas.com yang mengatakan, Toyota Indonesia dalam waktu dekat bakal membuat kejutan di Februari 2023 ini. Kemungkinan besar, dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Rumors itu kemudian diperkuat oleh dibukanya pemesanan awal model Perodua Axia di Malaysia, sebagai produk kembar dari Daihatsu Ayla. Agya dan Ayla sendiri, merupakan produk hasil kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu di Indonesia.

Ddihubungi secara terpisah, tenaga penjual resmi Toyota menyebut generasi terbaru Agya kemungkinan akan meluncur tidak lama lagi. Salah satu fitur terbarunya, mobil itu akan mengadopsi layar hiburan sentuh (touch screen).

"(Lengkapnya) ditunggu saja nanti ketika sudah ada informasi resminya pasti akan kami sampaikan. Termasuk harga dan diskon karena belum ada kabar sementara ini," ucap dia.

Baca juga: Cara Menutup Kap Mesin yang Benar, Ditekan atau Dibanting?

All New Perodua Axia, kembaran Agya-Ayla di IndonesiaDok. Paultan.org All New Perodua Axia, kembaran Agya-Ayla di Indonesia

Berdasarkan informasi yang beredar, mobil ini bakal mengalami ubahan yang cukup signifikan di bagian eksterior dan interiornya. Tidak mau ketinggalan dengan Rocky dan Raize, si kembar Ayla dan Agya akan menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Kedua mobil ini kemungkinan akan menggunakan mesin berkapasitas 1.000 cc dengan 3 silinder, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 87 tk dan torsi 113 Nm.

Tak hanya itu, mobil ini juga akan menggunakan matik model Continuously Variable Transmission (CVT) yang memiliki efisiensi lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com