Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2023, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain tenaga lebih besar, generasi baru Toyota Innova Zenix dengan mesin bensin memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup baik.

Tak hanya lebih irit dari mesin bensin generasi sebelumnya, dibanding versi diesel Innova Reborn juga diklaim jauh lebih efisien.

Hal ini dibuktikan sendiri oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) melalui hasil pengujian yang dilakukan secara internal.

Mesin TNGA 2.0L berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine pada All New Innova Zenix bensinn, masih lebih irit dari Innova Reborn diesel.

Baca juga: Inden Kijang Innova Zenix Hybrid Sampai Tahun Depan, Ini Alasannya

Dari data yang redaksi terima, hasil pengetesan bahan bakar Innova Zenix bensin untuk pemakaian hingga 47 kilometer (km) mencapai 16,2 kilometer per liter (Kpl). Artinya satu liter bensin mampu untuk menempuh jarak 16,2 km.

Toyota Innova Zenix vs Reborn DieselKOMPAS.com/STANLY RAVEL Toyota Innova Zenix vs Reborn Diesel

Sementara untuk Innova Reborn diesel, ketika dites dengan jarak tempuh yang sama hanya mampu menghasilkan konsumsi 14,9 kpl. Dari hasil ini sudah terlihat perbedaan yang lumayan signifikan.

Perlu diingat, hasil tersebut tak bisa dijadikan patokan sepenuhnya lantaran ada banyak faktor yang mempengaruhi efisiensi bahan bakar, seperti cara atau gaya berkendara, kondisi jalan, kondisi mobil, dan lain sebagainya.

Konsumsi bahan bakar Innova Zenix versi bensin yang lebih baik dibanding Reborn diesel, tentunya dipengaruhi juga dari perubahan besar yang dilakukan Toyota.

Baca juga: Mana Lebih Bertenaga, Innova Zenix Bensin atau Reborn Diesel

Pertama dari penggunaan platform Toyota New Global Achitecture (TNGA): GA-C, dengan struktur monocoque menggantikan ladder-on-frame.

Tak hanya membuat peningkatan pada rigiditas sasis, tapi juga memangkas berat keseluruhan hingga 170 kilogram (kg) dibanding generasi sebelumnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.