Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedah Kelas Layanan PO Raya, Mulai Junior Executive sampai Super Top

Kompas.com - 26/01/2023, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Raya merupakan operator bus yang punya keunikan, yakni bangku di kabinnya memakai bekas pesawat. Jadi berbeda dengan bus-bus malam pada umumnya yang modelnya lebih modern.

Sama seperti PO bus lain, PO Raya membagi kelas layanan jadi beberapa tingkatan. Tercatat ada empat kelas yang bisa dipilih penumpang, yakni Executive Junior, Executive 28, Executive 24, dan Super Top.

Apa saja perbedaan dari keempat kelas di atas?

Baca juga: Pelayanan Khas PO Raya, Utamakan Nyaman dan Selamat

Kabin bus AKAP PO Raya dengan bangku bekas pesawatKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin bus AKAP PO Raya dengan bangku bekas pesawat

Santo, Mekanik yang bekerja di PO Raya selama lebih dari 60 tahun menjelaskan, perbedaan antar kelas ada pada jumlah bangku dan kenyamanan. Junior merupakan kelas yang paling biasa, diisi dengan bangku paling banyak.

"Junior itu biasa, kalau di atasnya (Executive) pakai leg rest, kalau yang lebih tinggi lagi, jaraknya (antar bangku) jauh. Seberapa jauh, jauh sekali, orang cuma diisi 20 bangku satu bus (Super Top)," ucap Santo kepada Kompas.com di Solo belum lama ini.

Lebih detail, kelas Junior diisi 34 bangku yang disusun 2-2. Sedangkan Executive 28, ada 28 bangku dengan dua ekstra di paling belakang, bangku juga sudah dilengkapi dengan leg rest.

Baca juga: Hitung Gaji Ideal Pegawai yang Mau Membeli Toyota Avanza

Kemudian untuk Executive 24, total bangkunya lebih sedikit lagi, cuma 24 ditambah dua extra seat. Sudah dilengkapi juga dengan leg rest tapi jarak antar bangkunya lebih lega daripada Executive 28.

Kalau dibandingkan dengan kelas executive dari bus lain, PO Raya bisa dibilang paling lega. Umumnya, PO bus mengisi sebanyak 30 sampai 32 bangku untuk layanan eksekutif, sedangkan Raya cuma 26 dan 30 saja.

Lalu, untuk Super Top yang setara dengan super eksekutif, penumpang lebih dimanjakan lagi. Satu bus yang panjangnya 12 Meter cuma diisi 20 bangku yang disusun dua kanan satu kiri (2-1).

Selain mendapatkan jarak yang lega antar penumpang, bangku bekas pesawat di kelas Super Top lebih lebar, ditambah dengan adanya leg rest. Penumpang tentu jadi lebih nyaman selama perjalanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.