Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Keluarga Masih Jadi Andalan Toyota Indonesia

Kompas.com - 24/01/2023, 17:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia berhasil menutup tahun 2022 dengan peningkatan penjualan 12 persen dari tahun sebelumnya, yaitu 331.410 unit dari 295.000 unit. Dengan ini, Toyota dapat memimpin pasar otomotif dalam negeri dengan penguasaan 31,6 persen.

Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto menyatakan, kinerja tersebut dipengaruhi oleh kembali pulihnya perekonomian nasional dan adanya peningkatan daya beli masyarakat setelah kondisi pandemi Covid-19 yang mulai membaik.

"Kami bersyukur hingga saat ini masih bisa berjalan selaras dengan market serta dapat mempertahankan tren positif pertumbuhan penjualan di sepanjang 2022 mencapai lebih dari 331.000 unit," kata dia dalam keterangannya, Selasa (24/1/2023).

Baca juga: Mitos atau Fakta, Kunci Setang Motor ke Kanan Susah Dibobol Maling?

All New Kijang Innova Zenix HybridKOMPAS.com/OTOMOTIF All New Kijang Innova Zenix Hybrid

"Kami berharap, tren ini akan terus berjalan kearah yang positif sehingga Toyota dapat turut berkontribusi meningkatkan perekonomian, sekaligus memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan yang beragam,” lanjut dia.

Lebih rinci, penjualan Toyota tahun lalu didominasi segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) sebesar 57,6 persen yang mencangkup model Avanza, Kijang Innova & Kijang Innova Zenix, sampai produk mewah yaitu Alphard.

Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy menyatakan, hal tersebut merefleksikan kultur masyarakat Indonesia yang masih membutuhkan kendaraan keluarga yang mampu mengangkut 7-penumpang dan bisa dibawa untuk berbagai kebutuhan.

Baca juga: Daftar Urutan 42 Pelat Nomor Mobil Menteri di Indonesia

Toyota Rush GR SportKompas.com/Donny Toyota Rush GR Sport

"Kemampuan akomodasi barang dan orang dari model MPV yang optimal menjadi favorit masyarakat Indonesia. Kendaraan elektrifikasi juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan tahun ini, apalagi dengan kehadiran Kijang Innova Zenix Hybrid," kata dia.

Hasil ini tentu akan menjadi basis bagi Toyota dalam melakukan pengembangan teknologi yang selaras dengan kebutuhan mobilitas masyarakat serta lebih ramah lingkungan.

Adapun tiga model terlaris Toyota di Indonesia sepanjang 2022 ialah Avanza yang telah meningkat penjualannya sampai 49 persen (60.619 unit), Kijang Innova dengan 46.933 unit, serta Rush.

Segmen kendaraan elektrifikasi juga menunjukkan tren yang semakin positif tahun ini. Total penjualannya secara wholesales telah melebihi 4.463 unit. Naik sangat signifikan 130 persen dari tahun 2021 yang ditutup pada level 1.935 unit.

Baca juga: Ini Spesifikasi Mobil Listrik Genesis G80 yang Dipakai RI 20

Toyota bZ4X Meriahkan Pameran Kendaran Elektrifikasi di Nusa Dua BaliToyota Toyota bZ4X Meriahkan Pameran Kendaran Elektrifikasi di Nusa Dua Bali

Pencapaian ini didukung lewat hadirnya kendaraan Battery EV pertama, Toyota bZ4X dan kendaraan Hybrid EV yang diproduksi lokal pertama Kijang Innova Zenix.

Untuk model dari brand GAZOO Racing, Toyota berusaha untuk selalu menghadirkan excitement yang maksimal bagi para motorsport enthusiast di Indonesia. Secara angka, tahun 2022 ini komposisi penjualannya secara rata-rata mencapai hampir 72 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.