Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 7 Jenis Pelanggaran yang Terekam Kamera E-TLE di Jawa Tengah

Kompas.com - 24/01/2023, 09:12 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Penindakan tilang elektronik atau E-TLE di Jawa Tengah terus dilakukan untuk menekan pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan. 

Selama 2022, pelanggaran lalu lintas di Jawa Tengah cukup tinggi yaitu sebesar 12 ribu kasus. Angka tersebut di dominasi oleh roda dua. 

Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah menggunakan dua jenis kamera E-TLE yaitu, kamera statis yang terpasang di sejumlah perempatan jalan besar.

Kemudian, petugas satuan lalu lintas juga menindak para pengendara yang melanggar dengan kamera mobile di kendaraan patroli. 

Pengemudi tertangkap kamera tilang elektronik tidak menggunakan sabuk pengaman di Solo, Jawa TengahSatlantas Polresta Surakarta Pengemudi tertangkap kamera tilang elektronik tidak menggunakan sabuk pengaman di Solo, Jawa Tengah

Ditlantas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Agus Suryo Nugroho mengatakan, penindakan tilang elektronik atau E-TLE diharapkan mencatat pelanggaran di ruas jalan Nasional, Provinsi, dan penghubung antar Kabupaten/Kota.

"E-TLE di Jawa Tengah berlaku di 35 Kabupaten dan Kota. Tahun 2022 lalu, per hari sekitar 2.000 pelanggaran berhasil di tindak. Tertinggi di Banyumas, Kota Semarang, Pati, dan Solo," kata Agus beberapa waktu yang lalu. 

Baca juga: Begini Cara Mudah Bayar Denda Tilang Elektronik

Selain sasaran E-TLE yang lebih luas, kamera statis yang terpasang juga dapat dijadikan pemantau kemacetan dan kriminalitas di tempat-tempat rawan. 

Sebagai informasi, saat ini jumlah kamera ETLE statis di Polda Jateng sebanyak 40 titik, dan ETLE mobile ada 800 personil. Rencananya, di Jawa Tengah juga akan dilakukan penindakan pelanggaran menggunakan ETLE drone. 

Petugas Polres Kediri Kota, Jawa Timur, saat mengoperasikan perangkat INCAR di dalam mobil patroli. Mobil INCAR ini mulai beroperasi sejak 1 Juni 2022.Dok.Satlantas Polres Kediri Kota Petugas Polres Kediri Kota, Jawa Timur, saat mengoperasikan perangkat INCAR di dalam mobil patroli. Mobil INCAR ini mulai beroperasi sejak 1 Juni 2022.

"Di daerah pinggiran kasus pelanggaran timpang. Pemotor banyak yang melanggar, berkendara tidak pakai helm, atau melawan arus. Tapi, di kota besar E-TLE membuat pengendara patuh," terang Agus. 

Baca juga: Total 34.196 Pelanggar Lalu Lintas di Jawa Tengah Terjaring ETLE

Adapun, berikut ini 7 pelanggaran yang menjadi sasaran penindakan di Jawa Tengah, yaitu:

  1. Pemotor tidak mengenakan helm 
  2. Pengemudi mobil yang tidak menggunakan sabuk  keselamatan (seatbelt)
  3. Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) mati
  4. Berkendara melawan arus 
  5. Pelanggaran marka jalan 
  6. Menerobos lampu merah
  7. Pemotor yang berboncengan lebih dari 3 orang
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.