Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digelar Pekan Ini, Berikut Syarat Ikut Street Race Kemayoran 2023

Kompas.com - 23/01/2023, 17:00 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan kembali menggelar laga balap jalanan atau Street Race seri kelima di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 27-29 Januari 2023.

Helatan tersebut, sekaligus menjadi acara satu tahunan Street Race yang digelar secara resmi setelah empat kali dilaksanakan tahun lalu dan diklaim sukses.

Wilayah Kemayoran, Jakarta Pusat, dipilih karena dinilai cocok sebagai lokasi balap ini karena konstruksi jalan sesuai untuk balap dan luas yang memadai untuk menampung para pembalap serta penonton.

Baca juga: Pemotor yang Tidak Bayar Denda Tilang E-TLE STNK Bisa Diblokir

Fastron Enduro Street Racedok. Fastron Fastron Enduro Street Race

Selain itu, Kemayoran juga telah lama menjadi lokasi ikonik dari balapan liar para joki dan komunitasnya. Tapi untuk ikut perhelatan, terdapat beberapa syarat yang harus dipatuhi, mencangkup keselamatan.

"Terdapat sejumlah syarat keselamatan yang wajib diikuti peserta yakni wajib memakai helm full face, mengenakan minimal jaket dan celana panjang berbahan jeans tebal atau baju overall balap serta menggunakan sarung tangan dan sepatu," tulis keterangan dari Ditlantas Polda Metro Jaya melalui situs resminya, NTMCPoldaMetro, Minggu (22/1/2023).

"Kemudian, peserta juga wajib memastikan rem berfungsi dengan baik. Sedangkan bagi peserta yang masih di bawah umur wajib melampirkan surat pernyataan orang tua dan wajib dibawa saat daftar ulang," lanjut dia.

Baca juga: Begini Pengawasan Jam Kerja Sopir Bus AKAP

Peserta bersiap-siap untuk menjajal kecepatan sepeda motornya di lintasan balap sepanjang 500 meter di acara pre-event street race Kemayoran, Jalan H Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (18/12/2022).kompas.com/REZA AGUSTIAN Peserta bersiap-siap untuk menjajal kecepatan sepeda motornya di lintasan balap sepanjang 500 meter di acara pre-event street race Kemayoran, Jalan H Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (18/12/2022).

Selain itu, terdapat sejumlah hal yang wajib dipersiapkan bagi peserta street race ini. Pertama, peserta wajib memastikan hari dan tanggal pendaftaran yang dipilih sudah sesuai dengan kelas yang tersedia atau yang diinginkan.

Kemudian, tiket yang sudah dibeli tidak bisa dipindahtangankan atau dikembalian. Terakhir, e-voucher yang sudah diterima merupakan bukti pendaftaran yang sah dan wajib ditunjukkan saat registrasi.

“Polda Metro Jaya kembali menggelar acara 1st Anniversary Street Race 2023. Bagi anda penggemar otomotif datang, dan saksikan pada hari Jumat-Minggu, 27-29 Januari 2023 di Jl. Benyamin Sueb Kemayoran Jakarta Pusat,” demikian keterangan tertulis itu.

Dijelaskan event street race akan memperlombakan nomor drag race 500 meter khusus kendaraan roda dua. Untuk memastikan ketepatan penilaian panitia akan menyediakan sensor di garis start dan finis, serta tidak menggunakan timer atau pengukur waktu.

Baca juga: Unik, Lampu Sein Mazda Tiru Ritme Detak Jantung Manusia

Selain drag race yang menjadi event utama, panitia juga menghadirkan sejumlah event lain seperti kontes modifikasi, bazar otomotif dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), ajang freestyle roda dua, safety riding polwan dan event tinju, festival musik dengan bintang tamu antara lain Rocket Rockers, Club Dangdut Racun, Tom Kill Jerry, Eirene, CMB dan Female Project.

Diharapkan kegiatan ini bisa kembali berdampak positif untuk mengurangi jumlah balap liar seperti sebelumnya, yang digelar di Ancol, seri kedua di BSD, Tangerang Selatan, seri ketiga di Meikarta, Cikarang dan seri keempat di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.