BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Toyota Astra Motor

Punya Peran Vital pada Mesin, Pengguna Kendaraan Harus Jeli Pilih Oli Asli

Kompas.com - 23/01/2023, 09:52 WIB

KOMPAS.com – Sebagian besar pemilik kendaraan bermotor mengira bahwa oli mesin hanya berfungsi sebagai pelumas yang membuat mesin kendaraannya bekerja secara optimal. Padahal, oli memiliki fungsi lain yang juga tak kalah vital bagi mesin.

Di samping sebagai pelumas, oli mesin juga punya fungsi sebagai pembersih mesin.

Diberitakan Kompas.com, Jumat (1/7/2022), bahan baku oli mengandung partikel oil film berbentuk transparan. Partikel lembut ini dapat membersihkan debu dan residu hasil pembakaran dalam mesin yang dapat masuk ke sistem pelumasan. Nah, kandungan oli mesin tersebut dapat melindungi sistem ini.

Manfaat lain dari oli yang juga tak kalah penting adalah sebagai pendingin mesin. Untuk diketahui, gesekan antarkomponen mesin mobil dapat menghasilkan suhu panas yang cukup tinggi. Panas juga dihasilkan ketika pembakaran bahan bakar dan oksigen yang terjadi di ruang mesin.

Pada proses tersebut, oli bertugas menyerap panas serta mendinginkan komponen mesin, terutama piston dan dinding silinder.

Jeli memilih oli mesin

Melihat berbagai manfaat tersebut, pemilihan oli mesin tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Pemilik kendaraan mesti jeli dalam memilih agar manfaat oli dapat maksimal.

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Mobil Baru

Salah satu oli berkualitas yang dapat dipilih adalah Toyota Motor Oil (TMO) dari PT Toyota Astra Motor (TAM) atau Toyota.

Sebagai informasi, baru-baru ini, TAM meluncurkan dua varian TMO, yaitu TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6) dan TMO LITE 0W-20 SN GF-5.

Oli TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6).Toyota Astra Motor Oli TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6).

Peluncuran dua varian baru TMO tersebut merupakan wujud total ownership experience yang dihadirkan Toyota dalam memenuhi kebutuhan pelanggan yang kian beragam.

Adapun kedua varian tersebut juga menyesuaikan dengan perkembangan teknologi kendaraan Toyota.

Melalui kedua varian baru TMO tersebut, Toyota berharap dapat memenuhi kebutuhan pelanggan setia Toyota akan kenyamanan berkendara dan menjaga kualitas mesin kendaraan.

Untuk diketahui, TMO merupakan genuine oil yang dikeluarkan TAM untuk pasar Indonesia. Seluruh spesifikasi varian TMO ditentukan oleh Toyota Motor Corporation (TMC) Jepang dan telah disesuaikan dengan standar global.

Toyota merekomendasikan penggunaan TMO bagi pengguna kendaraan Toyota untuk mengoptimalkan kinerja mesin kendaraan. Pasalnya, formula TMO Lubricant telah disesuaikan dengan kinerja mesin Toyota, termasuk kendaraan Toyota dengan mesin model terbaru.

Selain itu, TMO juga memiliki Actifilm Technology Double Protector, yakni lapisan membran double protector yang didesain khusus oleh Toyota.

Teknologi tersebut hadir untuk memberikan keseimbangan formula yang optimal. Formula ini berfungsi untuk melindungi bagian mesin, bahkan hingga celah terdalam serta terkecil, dari keausan dan kebocoran. Teknologi Actifilm juga berfungsi sebagai penghancur kerak pada dinding mesin.

Sebagai informasi, TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6) merupakan varian tertinggi dari TMO. Produk ini cocok untuk kendaraan terbaru Toyota yang memiliki teknologi mutakhir dan canggih.

Untuk mendukung teknologi tersebut, dibutuhkan oli dengan teknologi terbaru dan tingkat keenceran yang cenderung rendah, seperti hal TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6).

TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6) yang hadir dengan spesifikasi ILSAC GF-6 dapat mendukung penghematan bahan bakar kendaraan, memberikan performa pembersihan dan pencegahan deposit lebih baik, serta cocok untuk mesin teknologi terbaru yang sensitif terhadap deposit atau kotoran.

Baca juga: Perlu Diantisipasi, Ini 5 Masalah Umum yang Sering Terjadi pada Mobil

Varian tersebut cocok digunakan untuk kendaraan mesin model terbaru, seperti All New Voxy, Camry Hybrid, Raize, dan All New Kijang Innova Zenix.

Sementara itu, TMO LITE 0W-20 SN GF-5 cocok digunakan agar kendaraan lebih ramah lingkungan. Sebab, varian ini dapat memberikan proteksi maksimal pada kendaraan serta mendukung penghematan bahan bakar. Bahkan, varian ini bisa membantu kendaraan untuk menghasilkan emisi lebih rendah.

Untuk diketahui, TMO LITE 0W-20 SN GF-5 merupakan oli dengan viskositas rendah dan memiliki harga terjangkau. Oli tersebut cocok digunakan untuk kendaraan Toyota dengan kapasitas oli di bawah 3,5 liter, seperti produk low cost green car (LCGC), misalnya Agya dan Calya. Oli ini juga sesuai untuk kendaraan model lain, seperti Avanza, Veloz, Raize, Sienta, Yaris, dan Rush.

TMO LITE 0W-20 SN GF-5. Toyota Astra Motor TMO LITE 0W-20 SN GF-5.

Guna memberikan perlindungan optimal pada kendaraan, pelanggan disarankan mengecek buku manual demi memastikan kesesuaian jenis oli yang dibutuhkan kendaraan.

Selain itu, pengguna kendaraan juga harus mewaspadai peredaran oli palsu. Pasalnya, oli palsu dapat memicu endapan pada mesin dan membuat kemampuan untuk melindunginya dari panas tidak berjalan optimal.

Tingkatkan kewaspadaan Anda. Sebab, peredaran oli palsu makin meluas, bahkan pengguna bisa menemukannya secara mudah pada e-commerce. Oleh sebab itu, Toyota meminta pelanggan untuk lebih berhati-hati.

Baca juga: Marak Beredar Oli Palsu, Berikut Cara Mengetahui Oli Kendaraan yang Asli

Untuk memastikan keaslian sekaligus memudahkan pelanggan dalam melakukan pengecekan keaslian oli, Toyota menyematkan fitur TMO QR Anti-counterfeit pada kemasan botol kedua varian oli terbaru TMO.

Pelanggan cukup memindai quick response (QR) code pada tutup botol menggunakan smartphone untuk menguji keaslian oli tersebut.

TMO keluaran terbaru juga memiliki fitur ratchet snap system yang menyatukan bagian tutup botol dengan kemasan sehingga kemasan tak dapat kembali digunakan setelah dibuka.

Keaslian oli TMO semakin terjamin berkat kehadiran fitur TMO QR yang ada pada tutup kemasan. Dok. TAM Keaslian oli TMO semakin terjamin berkat kehadiran fitur TMO QR yang ada pada tutup kemasan.

Adapun per Januari 2023, konsumen juga dapat mengecek keaslian produk TMO secara mudah melalui metode congkel, cabut, copot, dan cek (4C).

Dengan metode tersebut, secara tak langsung, konsumen juga telah membantu mengurangi produk palsu dengan modus penggunaan ulang kemasan.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.