Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Yamaha Grand Filano Cuma Punya Tangki BBM 4,4 Liter?

Kompas.com - 23/01/2023, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected, motor bergaya skuter Eropa akhirnya hadir di Indonesia. Motor yang menemani Fazzio di segmen Classy Yamaha ini punya berbagai fitur.

Salah satu fitur yang diunggulkan dari Grand Filano adalah posisi tutup tangki BBM yang ada di luar, tepatnya di depan sisi kiri. Sedangkan motor atau skutik lain pada umumnya, punya posisi tutup tangki yang ada di bawah jok.

Selain posisi tutup tangki BBM yang ada di luar, tangkinya pun berada di bawah dek. Sehingga, total kapasitas bagasi jadi lebih lega, mencapai 27 liter, bisa muat helm dan barang lainnya.

Baca juga: Punya Fazzio dan Grand Filano, Bagaimana Nasib Yamaha Fino?

Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected resmi meluncur di Indonesia KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected resmi meluncur di Indonesia

Namun, ada konsekuensi dari posisi tangki yang ada di bawah, yakni kapasitasnya tidak terlalu besar. Jika dibandingkan dengan Fazzio, Grand Filano punya kapasitas tangki BBM 4,4 liter, sedangkan Fazzio 5,1 liter.

Suma Adnyana, Aftersales Service Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, kapasitas tangki BBM yang lebih kecil mempertimbangkan proporsi dari Grand Filano.

"Disesuaikan supaya proporsional saja dengan kapasitas tangki yang posisinya ada di bawah.  Ada safety-nya juga, pakai pelindung," ucap Suma di Jakarta belum lama ini.

Baca juga: Deretan Bus AKAP Mewah, Harga Tiket Tembus Rp 800.000


Jika kapasitasnya dibuat lebih besar, maka bentuk dari Grand Filano jadi kurang proporsional. Tetapi, kapasitas tangki tersebut masih lebih besar dari FreeGo yang punya posisi tangki di bawah dek juga (4,2 liter).

Mengenai konsumsi BBM, Yamaha memang tidak mengeluarkan klaim. Tapi sebagai gambaran, Grand Filano memakai basis mesin yang sama dengan Fazzio, namun bobot motor 5 Kg lebih berat.

Berdasarkan pengetesan yang dilakukan Kompas.com, Fazzio mencatatkan konsumsi BBM 44,2 Km per liter. Jadi bisa diperkirakan, konsumsi BBM Grand Filano tidak jauh dari yang dicatatkan Fazzio.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.