Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Fazzio dan Grand Filano, Bagaimana Nasib Yamaha Fino?

Kompas.com - 20/01/2023, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Indonesia sejak 2022 gencar meluncurkan produk dengan gaya retro. Misal di tahun lalu ada Fazzio dan baru ini Grand Filano yang keduanya juga memakai mesin Blue Core 125cc hybrid.

Respons masyarakat pada Fazzio bisa dibilang positif, buktinya terjadi inden di berbagai diler. Sedangkan Grand Filano, diklaim langsung digenjot produksinya agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dari hadirnya dua produk tersebut, sebenarnya ada satu motor lain yang lebih dulu hadir dan bergaya klasik, yakni Fino. Tapi sayangnya, nama motor tersebut kurang terdengar lagi saat ini.

Baca juga: Yamaha Genjot Produksi Grand Filano, tapi Fazzio Masih Inden

Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected resmi meluncur di Indonesia KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected resmi meluncur di Indonesia

Lalu, bagaimana nasib Fino ke depannya?

Dyonisius Beti, Prresident Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan, Fino tetap diproduksi sampai saat ini, terlepas adanya dua motor baru yang desainnya klasik dan retro.

"Fino saat ini tetap banyak pencintanya dan tetap kita produksi terus, jadi tidak discontinue," ucap Dyonisius di Jakarta, Selasa (17/1/2023).

Baca juga: Terjadi Lagi, Pengemudi Mobil Pelat Nomor RFS Konflik hingga Keluarkan Senjata


Menurutnya, Fino dibandingkan dengan Fazzio dan Grand Filano punya penampilan yang berbeda. Fino punya desain yang klasik, tapi Fazzio dan Grand Filano lebih ke classy, alias berkelas.

"Penggemar Fino itu customernya lebih (senang) desain klasik, retro dan sebagainya. Kalau ini (Fazzio dan Grand Filano) lebih ke classy, fashionable, bukan klasik, jadi ada perbedaan," ucap Dyonisius.

Kalau dilihat di website Yamaha Indonesia, Fino masih dijual dengan harga Rp 19.980.000 (Premium dan Sporty) serta Rp 21.140.000 untuk Fino Grande.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.