Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Fazzio dan Grand Filano, Bagaimana Nasib Yamaha Fino?

Kompas.com - 20/01/2023, 11:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Indonesia sejak 2022 gencar meluncurkan produk dengan gaya retro. Misal di tahun lalu ada Fazzio dan baru ini Grand Filano yang keduanya juga memakai mesin Blue Core 125cc hybrid.

Respons masyarakat pada Fazzio bisa dibilang positif, buktinya terjadi inden di berbagai diler. Sedangkan Grand Filano, diklaim langsung digenjot produksinya agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dari hadirnya dua produk tersebut, sebenarnya ada satu motor lain yang lebih dulu hadir dan bergaya klasik, yakni Fino. Tapi sayangnya, nama motor tersebut kurang terdengar lagi saat ini.

Baca juga: Yamaha Genjot Produksi Grand Filano, tapi Fazzio Masih Inden

Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected resmi meluncur di Indonesia KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected resmi meluncur di Indonesia

Lalu, bagaimana nasib Fino ke depannya?

Dyonisius Beti, Prresident Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan, Fino tetap diproduksi sampai saat ini, terlepas adanya dua motor baru yang desainnya klasik dan retro.

"Fino saat ini tetap banyak pencintanya dan tetap kita produksi terus, jadi tidak discontinue," ucap Dyonisius di Jakarta, Selasa (17/1/2023).

Baca juga: Terjadi Lagi, Pengemudi Mobil Pelat Nomor RFS Konflik hingga Keluarkan Senjata


Menurutnya, Fino dibandingkan dengan Fazzio dan Grand Filano punya penampilan yang berbeda. Fino punya desain yang klasik, tapi Fazzio dan Grand Filano lebih ke classy, alias berkelas.

"Penggemar Fino itu customernya lebih (senang) desain klasik, retro dan sebagainya. Kalau ini (Fazzio dan Grand Filano) lebih ke classy, fashionable, bukan klasik, jadi ada perbedaan," ucap Dyonisius.

Kalau dilihat di website Yamaha Indonesia, Fino masih dijual dengan harga Rp 19.980.000 (Premium dan Sporty) serta Rp 21.140.000 untuk Fino Grande.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com