Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Yamaha Grand Filano Cuma Punya Tangki BBM 4,4 Liter?

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected, motor bergaya skuter Eropa akhirnya hadir di Indonesia. Motor yang menemani Fazzio di segmen Classy Yamaha ini punya berbagai fitur.

Salah satu fitur yang diunggulkan dari Grand Filano adalah posisi tutup tangki BBM yang ada di luar, tepatnya di depan sisi kiri. Sedangkan motor atau skutik lain pada umumnya, punya posisi tutup tangki yang ada di bawah jok.

Selain posisi tutup tangki BBM yang ada di luar, tangkinya pun berada di bawah dek. Sehingga, total kapasitas bagasi jadi lebih lega, mencapai 27 liter, bisa muat helm dan barang lainnya.

Namun, ada konsekuensi dari posisi tangki yang ada di bawah, yakni kapasitasnya tidak terlalu besar. Jika dibandingkan dengan Fazzio, Grand Filano punya kapasitas tangki BBM 4,4 liter, sedangkan Fazzio 5,1 liter.

Suma Adnyana, Aftersales Service Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, kapasitas tangki BBM yang lebih kecil mempertimbangkan proporsi dari Grand Filano.

"Disesuaikan supaya proporsional saja dengan kapasitas tangki yang posisinya ada di bawah.  Ada safety-nya juga, pakai pelindung," ucap Suma di Jakarta belum lama ini.

Jika kapasitasnya dibuat lebih besar, maka bentuk dari Grand Filano jadi kurang proporsional. Tetapi, kapasitas tangki tersebut masih lebih besar dari FreeGo yang punya posisi tangki di bawah dek juga (4,2 liter).

Mengenai konsumsi BBM, Yamaha memang tidak mengeluarkan klaim. Tapi sebagai gambaran, Grand Filano memakai basis mesin yang sama dengan Fazzio, namun bobot motor 5 Kg lebih berat.

Berdasarkan pengetesan yang dilakukan Kompas.com, Fazzio mencatatkan konsumsi BBM 44,2 Km per liter. Jadi bisa diperkirakan, konsumsi BBM Grand Filano tidak jauh dari yang dicatatkan Fazzio.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/23/090200015/kenapa-yamaha-grand-filano-cuma-punya-tangki-bbm-4-4-liter-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke