Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2023, 12:42 WIB

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Rem merupakan sistem keselamatan utama pada mobil. Komponen ini memegang peran yang sangat penting karena merupakan aktuator untuk mengendalikan laju kendaraan. Dengan sistem rem yang baik, maka risiko kecelakaan bisa terhindari.

Perlu diketahui berbagai fitur canggih seperti Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Brake Assist (BA) dan Vehicle Dynamic Control (VDC) tidak akan berfungsi dengan baik bila sistem rem bermasalah.

Maka dari itu, penting sekali selalu menjaga kinerja sistem rem agar tetap prima. Salah satunya, dengan memastikan rem tidak mengalami macet. Lantas, apa saja sih yang menyebabkan rem macet?

Baca juga: Jangan Siram Rem Mobil yang Panas di Turunan Curam, Ini Akibatnya

Rem mobilDicky Aditya Wijaya Rem mobil

 

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, rem macet pada mobil bisa disebabkan oleh banyak hal, meski demikian ada beberapa yang sering terjadi.

“Salah satunya piston rem macet, di bagian roda terdapat kaliper rem yang ada pistonnya, piston ini bekerja bersamaan dengan seal dan minyak rem untuk menekan kampas rem, piston ini bisa macet bila terdapat debu yang membuatnya korosi,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Jumat (20/1/2023).

Dia mengatakan debu bisa masuk ke cela-cela piston dan kaliper rem bila karet pelindung debu sobek atau sudah jelek.

Baca juga: Ini Bahaya dan Kerugian Pakai Kampas Rem Mobil Palsu

Rem MobilDicky Aditya Wijaya Rem Mobil

“Ada karet pelindung debu di piston rem tersebut, biasanya karet tersebut sobek atau mengendur karena usia, lantas debu akan mulai terkumpul lalu menyebabkan piston rem mudah korosi dan macet,” ucap Ibrohim.

Dia juga mengatakan setelan rem parkir terlalu kencang juga bisa menyebabkan rem belakang macet.

“Setelan rem parkir atau rem tangan yang terlalu kencang juga bisa menyebabkan rem macet, hal itu akan membuat roda mengunci, sehingga saat servis mekanik wajib banget untuk selalu memastikan apakah setelan rem parkir sudah tepat atau tidak,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Penyebab Kampas Rem Mobil Habis Tak Rata

Rem MobilDicky Aditya Wijaya Rem Mobil

 

Dia juga mengatakan mobil yang parkir terlalu lama di musim hujan juga bisa mengalami rem macet.

“Rem macet juga bisa diakibatkan oleh kampas rem yang lengket dengan tromol atau rotor disc, hal ini disebabkan mobil parkir dalam kondisi rem basah, biasanya setelah menerjang banjir atau saat musim hujan, kalau mobil diparkir cukup lama rem bisa lengket karena oksidasi,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Kenali Penyebab Rem Mobil yang Tak Seimbang

Disc Brake mobil bergelombang menyebabkan pedal rem bergetar Dicky Aditya Wijaya Disc Brake mobil bergelombang menyebabkan pedal rem bergetar

“Selang normalnya bisa mengalirkan minyak rem dengan baik saat menekan atau pun saat melepas gaya, namun bila selang rem sudah pampat maka aliran menjadi tidak lancar, saat digunakan mengerem kurang maksimal, dan rem juga bisa macet karena gaya pengereman tidak terbuang dengan baik saat pedal rem dilepas,” ucap Ibrohim.

Jadi, rem macet bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa karena piston rem korosi akibat penumpukan debu, setelan rem parkir yang tidak tepat, kampas rem lengket karena korosi, dan selang minyak rem yang pampat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.