Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Macet di Jalan Menanjak

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalanan yang menanjak disertai lalu lintas yang padat kerap menjadi medan yang susah untuk dilalui oleh sebagian orang.

Tidak sedikit peristiwa kecelakaan terjadi di jalan yang kondisi geometriknya miring. Hal ini disebabkan pengemudi mobil membutuhkan keahlian khusus, atau setidaknya terbiasa dengan medan tersebut.

Jika tidak, maka rasa was was ketika membawa mobil di medan tersebut pun tidak bisa dihindari. Maka dari itu diperlukan trik khusus untuk diikuti agar pengemudi lebih percaya diri saat melewati jalan menanjak dan macet.

Satlantas Polresta Bogor Kota mengimbau kepada masyarakat yang melintasi jalan menanjak disertai macet agar menggunakan gigi rendah untuk mobil-mobil matik.

“Pastikan gigi percepatan selalu berada di gigi rendah, 1 atau L untuk mobil matik, dengan demikian torsi akan senantiasa terjaga dan aman untuk melibas tanjakan yang curam sekali pun,” tulis Satlantas Polresta Bogor Kota di Instagram, Senin (16/1/2023).

Hal serupa juga disampaikan oleh Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi. Dia mengatakan ketika kemiringan tanjakan cukup ekstrem memang dibutuhkan untuk untuk menggunakan gigi rendah untuk mobil matik.

“Posisi D sebenarnya tidak masalah, namun apabila diperlukan tenaga atau torsi yang besar, bisa menggunakan S1 atau L sehingga gigi transmisi matik tetap berada di posisi gigi 1 dan tidak berpindah ke gigi 2,” ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (16/1/2023).

Dia mengatakan cara tersebut terbilang cukup aman, karena saat mobil menanjak memang membutuhkan daya puntir yang besar untuk mobil bisa melibas tanjakan.

“Torsi yang besar pada mobil matik itu, dapat dihasilkan dengan memindahkan tuas transmisi matik ke S1 atau L,” ucap Didi.

Jadi, saat kondisi jalan memang berupa tanjakan disertai macet, maka Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan gigi rendah pada mobil matik dengan memindah tuas transmisi ke posisi S1, 1 atau L. Huruf atau angka tersebut tergantung dengan tipe mobil, karena biasanya beda mobil beda kode untuk gigi rendahnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/17/151200215/posisi-tuas-transmisi-mobil-matik-yang-benar-saat-macet-di-jalan-menanjak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke