Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/01/2023, 20:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini modifikasi mobil dengan mengganti pelek kerap dilakukan oleh pemilik kendaraan. Tak terkecuali untuk mobil listrik yang populasinya semakin menjamur di Tanah Air.

Biasanya para penghobi otomotif akan upgrade pelek dengan diameter yang lebih besar atau naik dua inci dari pelek standarnya.

Beberapa masyarakat pun beranggapan bahwa modifikasi pelek mobil pada mobil listrik akan berpengaruh pada jarak tempuh dan efisiensi baterai.

Pasalnya, pelek yang besar memiliki bobot yang lebih berat sehingga memberatkan daya motor listrik. Lantas benarkan demikian?

Baca juga: Sudah Rampung, Underpass Dewi Sartika di Depok Akan Segera Diresmikan

Direktur Marketing HSR Wheel Hendra Wijaya mengatakan, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Kalaupun pemilik mobil listrik mengganti pelek dengan ukuran yang lebih besar dampak pada jarak tempuh yang dihasilkan tidak terlalu signifikan.

HSR WheelKompas.com/Nanda HSR Wheel

“Kalau pakai pelek yang beratnya yang sama dengan standar, itu tidak akan mengurangi efisiensi. Biasanya orang ganti pelek itu naik ukuran, dan kalaupun berkurang jaraknya tidak terlalu signifikan. Ini dari pengalaman teman-teman yang sudah ganti ya,” ucap Hendra, saat ditemui Kompas.com di kawasan Jakarta Selatan, Sabtu (14/1/2023).

Baca juga: Honda Luncurkan Warna Baru CBR250RR Model 2023

Namun, Hendra melanjutkan, hal yang paling penting jika ingin mengganti pelek sebaiknya diameter tidak lebih dari dua inci atau maksimal tiga inci.

“Cari model pelek yang sesuai dengan mobil, dengan size yang sesuai juga. Seperti contoh kita sudah pernah pasang di Hyundai Ioniq 5, standar peleknya kan 19 inci atau 20 inci. Kita pernah pasang sampai 21 inci atau 22 inci dan itu tidak ada masalah,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.