Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba, eCanter Jadi Kendaraan Logistik Pos Indonesia dan Nestle

Kompas.com - 16/01/2023, 13:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), menjalin kerja sama uji coba truk listrik eCanter sebagai kendaraan operasional PT Pos Indonesia dan PT Nestle Indonesia, dalam melanjutkan rangkaian Proof of Concept (PoC).

Sejak 1 Desember 2022, PT Nestle Indonesia sudah mulai menggunakan truk listrik eCanter untuk menunjang distribusi ke konsumen di dua wilayah, yakni Bekasi dan Cikarang.

Penggunaan eCanter untuk Nestle sejalan dengan upaya pencapaian net zero emission di 2050 yang dilakukan dalam rantai pasokan untuk pengiriman produknya.

Baca juga: Soal Insentif Kendaraan Listrik, Masih Dibahas Pemerintah

"Ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi Nestle dan KTB untuk berkolaborasi mencoba penggunaan kendaraan listrik untuk proses distribusi. Uji coba berjalan lancar dan memberikan kami pengalaman menggunakan teknologi yang lebih ramah lingkungan," kata Direktur Supply Chain PT Nestle Indonesia Calvin Widjaja, dalam keterangan resmi KTB, Senin (16/1/2023).

Uji Coba Truk Listrik eCanterKTB Uji Coba Truk Listrik eCanter

Sedangkan untuk PT Pos Indonesia, proses kerja sama menggunakan truk listrik telah dilakukan sejak 12 Januari 2023.

Rencananya, eCenter akan digunakan selama satu bulan untuk pengiriman surat dan parsel dari cabang ke provider logistiknya.

Sampai saat ini, KTB mengklaim eCanter sudah menempuh jarak 4.5000 kilometer (Km) dalam rangkaian PoC di Indonesia. Selama penggunaan tersebut juga tidak ada keluhan dan kendala.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com