Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Spesifikasi Yamaha Grand Filano Akan Meluncur Besok

Kompas.com - 16/01/2023, 19:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan meluncurkan produk baru pada Selasa (17/1/2023) di Jakarta. Tapi sampai saat ini, belum ada kepastian motor apa yang akan dibawa YIMM untuk pasar Indonesia.

Banyak spekulasi kalau Yamaha akan meluncurkan Grand Filano besok. Hal ini dikarenakan dua negara tetangga yakni Vietnam dan Thailand sudah kedatangan skutik bergaya retro tersebut.

Dikutip dari laman Yamaha Thailand, Grand Filano punya spesifikasi yang menarik jika dipasarkan di Indonesia. Skutik ini memiliki model retro seperti skuter Eropa, praktis, dan punya mesin yang diklaim efisien.

Baca juga: Yamaha Akan Luncurkan Produk Baru, Skutik Retro Grand Filano?

Yamaha Grand Filano di Thailandgreatbiker Yamaha Grand Filano di Thailand

Untuk mesin, Grand Filano memakai 125 cc Blue Core dengan teknologi mild-hybrid. Teknologi ini juga ditemukan pada Fazzio yang awal tahun lalu rilis di Indonesia.

Mesin tersebut punya bore x stroke 52,4 mm x 57,9 mm dan rasio kompresi 11:1. Kalau melihat spesifikasi dari Fazzio bore x stroke-nya sama dan menghasilkan 6,2 kW atau setara 8,3 TK di 6.500 rpm dan torsi 10,6 Nm di 4.500 rpm.

Lalu, motor bergaya skuter Eropa ini memiliki kapasitas tangki sebesar 4,4 liter. Memang lebih kecil dari Fazzio yang kapasitasnya 5,1 liter, tapi posisi tangki Grand Filano ada di depan, seperti yang ada di FreeGo.

Baca juga: Berawal dari Kondektur, Sampai Jadi Pemilik Perusahaan Bus AKAP

Hasilnya, Grand Filano punya kapasitas bagasi yang lega, 27 liter. Sedangkan kalau dibandingkan dengan Fazzio, ukuran bagasinya cuma 17,8 liter.

Kemudian, Grand Filano juga dilengkapi dengan teknologi koneksi ke telepon genggam, Y-Connect. Jadi bisa muncul notifikasi pada layar TFT yang ada di instrumen cluster Grand Filano.

Secara dimensi, Gran Filano punya ukuran panjang 1.820 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1,150 mm. Ukurannya serupa dengan Fazzio, cuma sedikit lebih tinggi saja.

Posisi duduknya terbilang cukup tinggi, 790 mm. Selain itu, bobotnya juga berberda lima sampai 6 Kg dari Fazzio, yakni 102 Kg (ABS) dan 101 Kg.

Jadi dengan sedikit spesifikasi tersebut, apakah menarik untuk meminang Grand Filano jika hadir di Indonesia? menarik untuk ditunggu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.