Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapor Ekspor-Impor Mobil di Indonesia Selama 2022

Kompas.com - 16/01/2023, 13:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kinerja perdagangan ekspor dan impor kendaraan bermotor roda empat atau lebih Indonesia sepanjang 2022 bergerak positif. Pasalnya, kendati sama-sama mengalami kenaikan secara tahunan (year-on-year/yoy) torehannya masih surplus.

Melansir data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total impor mobil utuh alias completely built-up (CBU) sebesar 83.298 unit naik 74 persen dari Januari-Desember 2021.

Sementara ekspor CBU pada periode yang sama mencapai 473.602 unit, tumbuh 60 persen dibanding satu tahun sebelumnya. Sehingga walaupun semakin banyak mobil yang dibawa dan dijual ke Indonesia tetapi jumlah yang dikirim ke luar negeri lebih besar.

Baca juga: Naik 74 Persen, Ini Mobil Impor Terlaris di Indonesia 2022

Ilustrasi ekspor mobil.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Ilustrasi ekspor mobil.

Hal serupa berlaku untuk ekspor-impor mobil dengan skema terurai atau completely knocked down (CKD). Di mana, tak ada impor CKD sepanjang tahun 2022 sementara ekspornya telah mencapai 96.541 set unit, naik 5 persen yoy.

Lebih rinci, jenis mobil yang diimpor dan dijual ke Indonesia mayoritas merupakan kendaraan niaga yang punya fungsionalitas untuk mendukung aktivitas industri lainnya. Sebagai contoh ialah Toyota Hilux, Mitsubishi Triton, dan Mitsubishi L300.

Sedangkan mobil buatan Indonesia yang diekspor ke luar negeri kebanyakan passanger car dan kendaraan keluarga, seperti Toyota Avanza, Toyota Fortuner, Suzuki Ertiga, Suzuki XL7, sampai Honda Brio serta Mitsubishi Xpander.

Namun sayang, untuk kegiatan perdagangan komponen otomotif masih lebih banyak impor dibanding ekspornya. Tercatat, jumlah impor bagian ini sebanyak 226.309.901 pis sementara ekspornya 166.839.841 pis.

Baca juga: Fluktuasi Harga Picu Fenomena Campur BBM Oktan Rendah Dengan Tinggi

Suasana ekspor mobil dari Pelabuhan Patimbandok.ADM Suasana ekspor mobil dari Pelabuhan Patimban

Data menarik, dari total impor itu semuanya datang dari pabrikan Honda yang memasok beberapa bagian pada model Brio, BR-V, CR-V, HR-V, WR-V, City, serta Mobilio.

Lebih rinci, berikut rincian data ekspor-impor mobil selama 2022;

Ekspor CBU: 473.602 unit
Ekspor CKD: 96.541 set unit
Ekspor komponen: 166.839.841 pis

Impor CBU: 83.298 unit
Impor CKD: -
Impor komponen: 226.309.901 pis

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.