Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Turbo, Honda Pede WR-V Sesuai untuk Perkotaan

Kompas.com - 21/12/2022, 11:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

KINTAMANI, KOMPAS.com - Datang sebagai penantang Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Honda WR-V langsung mendapat atensi yang cukup baik oleh masyarakat Indonesia.

Hal ini dibuktikan dengan pemesanan unit yang membludak yakni mencapai 2.580 unit, dari pertama PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkannya pada November 2022 lalu.

Meski demikian, sampai saat masih banyak yang menanyakan mengapa small SUV terbaru Honda tak mengusung mesin turbo dengan kubikasi kecil seperti 1.200 cc milik Brio, tapi justru menyematkan 1.500 cc yang sama dengan BR-V.

Baca juga: Dua Mobil Hybrid Honda Bakal Meluncur di Indonesia pada 2023

Media test drive All New Honda WR-V di BaliHPM Media test drive All New Honda WR-V di Bali

Menjawab pertanyaan tersebut, Large Project Leader Honda R&D Asia Pasific Co., Ltd, Poychat Ua Arayaporn mengatakan, penyematan mesin tersebut sudah disesuaikan dengan peruntukannya sebagai SUV perkotaan.

"Untuk sehari-hari itu banyak membutuhkan torsi. Salah satunya ketika mau overtake kendaraan lain (menyalip)," kata Ua yang ikut dalam media test drive WR-V di Ubud, Bali, Senin (19/12/2022).

Baca juga: Pemesanan Honda WR-V Tembus 2.580 Unit

Sementara terkait konsumsi bahan bakar, Ua menjelaskan, mesin yang digunakan WR-V tak hanya paling bertenaga di kelasnya, tapi juga punya sisi efisiensi yang baik.

Bahkan, sebelumnya juga sudah dijelaskan adanya beberapa pengembangan ikut membantu tingkat efisiensi bahan bakar dari WR-V, salah satunya dari CVT dengan teknologi G-design shift juga VTC.

Media test drive All New Honda WR-V di BaliHPM Media test drive All New Honda WR-V di Bali

"Mesin (WR-V) ini juga dikembangkan supaya memberikan kualitas berkendara, tenaga tinggi dan efisiensi bahan bakar," kata Ua.

Seperti diketahui, mesin 1.500 cc yang digunakan Honda WR-V mampu menghasilkan tenaga 121 PS atau 119 tk dan torsi 145 Nm. Putaran bawahnya terbilang cukup responsif, apalagi ditambah dengan desain compact-nya.

Tak sulit bagi WR-V melibas tanjakan berkelok menuju Ubud yang memang membutuhkan torsi besar. Sensasi fun to drive juga dihadirkan melalui sistem kemudi yang ringan dan handling yang persisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com