Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andrea Iannone Targetkan Kembali ke Dunia Balap pada Akhir 2023

Kompas.com - 14/01/2023, 17:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Andrea Iannone jadi salah satu nama pebalap yang hampir terlupakan. Namun, pebalap asal Italia ini bertekad untuk kembali ke dunia balap.

Untuk diketahui, Iannone sebelumnya divonis bersalah dalam kasus doping. Akibatnya, dia didiskualifikasi oleh FIM dan tidak boleh balapan selama empat tahun.

Baca juga: Skorsing 4 Tahun, Andrea Iannone Masih Ingin Balapan di MotoGP

Iannone baru kembali diizinkan untuk balapan pada musim 2024. Meski sudah lama absen, tapi Iannone tidak pernah berhenti berlatih.

Marc Marquez, Maverick Vinales, dan Andrea Iannone berswafoto seusai naik podium pada GP Amerika di Austin, Minggu (22/4/2018).TWITTER.com/MOTOGP Marc Marquez, Maverick Vinales, dan Andrea Iannone berswafoto seusai naik podium pada GP Amerika di Austin, Minggu (22/4/2018).

Carlo Pernat, mantan manajer Iannone, mengatakan, Iannone memiliki talenta yang luar biasa. Empat tahun tidak cukup untuk mengubur talentanya.

"Pada MotoGP ini, di mana pemasaran menjadi dominan, saya sebagai orang pemasaran, saya akan mengambil risiko dengan Iannone," ujar Pernat, kepada Men On Wheels, dikutip dari Crash.net, Sabtu (14/1/2023).

Baca juga: Kalah Banding, Andrea Iannone Dilarang Balapan 4 Tahun

"Mungkin beberapa tim akan mencoba. Akankah dia menang? Akankah dia kencang? Saya tidak tahu, tapi itu akan menjadi sesuatu yang menarik dari sudut pandang media," katanya.

Andrea Iannone yang turut hadir di pesta bike Suzuki di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (3/2/2018).Istimewa Andrea Iannone yang turut hadir di pesta bike Suzuki di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (3/2/2018).

Pernat mengatakan, Iannone akan kembali lagi, mungkin tidak di MotoGP, mungkin di World Superbike (WorldSBK). Tapi, dia yakin, tahun depan ketika masa diskualifikasinya selesai, akan ada yang menawarkan tempat pada Iannone.

"Andrea juga berlatih sangat keras, dia tidak pernah lepas dari motorsport. Jika kita lihat, dia lahir di 1989. Pada 2024, usianya akan 35 tahun. Tanya Valentino Rossi apakah dia masih bisa kencang di usia 35. The Doctor, mungkin kita lupa, hampir saja menjadi juara dunia di usianya yang ke-36," ujar Pernat.

Pebalap Aprilia Andrea Iannone saat uji pramusim Ricardo Tormo, di Cheste dekat Valencia, pada 19 November 2019. AFP/JOSE JORDAN Pebalap Aprilia Andrea Iannone saat uji pramusim Ricardo Tormo, di Cheste dekat Valencia, pada 19 November 2019.

Iannone mengatakan, dia fokus untuk bisa kembali balapan. Untuk itu, dia menjaga hubungan baik juga dengan mantan manajernya tersebut, dengan Aprilia, dan juga Pramac Racing.

"Mereka semua seperti keluarga. Tapi, balapan dilakukan untuk menang, bukan untuk pertemanan sejati," kata Iannone.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.