Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Pabrik Setir Kanan Chery di Indonesia

Kompas.com - 14/01/2023, 16:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Langkah Chery masuk ke Indonesia saat ini lebih progresif dibanding sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan melakukan perakitan sementara hingga nantinya membangun pabrik sendiri.

Tak hanya itu, keberadaan pabrik Chery nanti digadang-gadang bakal menjadi basis produksi untuk produk dengan setir kanan. Tentu ini menjadi lompatan besar sekaligus ajang pembuktian.

Lantas bagaimana update kesiapannya sejauh ini?

Baca juga: Masa Bulan Madu Stargazer Sudah Habis, Begini Kata Hyundai

Menjawab hal ini, Harry Kamora, Vice President PT Cherry Sales Indonesia (CSI) menjelaskan, saat ini rencana tersebut masih terus berjalan.

Chery Tiggo 7 Pro di GIIAS 2022KOMPAS.com/STANLY RAVEL Chery Tiggo 7 Pro di GIIAS 2022

"Chery sudah menyatakan ke pemerintah akan bangun pabrik di Indonesia, itu statement penting, dan itu benar adanya. Namun namanya bisnis tidak langsung, langkah pertama sewa pabrik tiga tahun dan saat bersamaan Chery juga menghitung market untuk setir kanan," ucapnya beberapa hari lalu.

Harry mengatakan, perhitungan pasar setir kanan tak hanya dilakukan untuk pasar Indonesia saja, tapi juga beberapa negara lain seperti Afrika Selatan, Singapura, Thailand, Australia, dan negara lain.

Tujuannya untuk kalkulasi pembangunan pabrik yang memang nantinya disediakan untuk produksi mobil Chery dengan setir kanan.

Karena sebelumnya, Harry menjelaskan, saat Chery membuat mobil setir kanan di pabrik setir kiri, biayanya sangat besar.

Baca juga: Sering Disepelekan, Kerikil di Ban Mobil Bisa Berdampak Fatal

Interior Chery Tiggo 8 ProKompas.com/Donny Interior Chery Tiggo 8 Pro

"Chery sudah mengatakan Indonesia ini pasti (bangun pabrik), karena sebelumnya Thailand juga sudah meminta. Jadi mungkin tahun ini mereka sudah persiapan, ketika pabrik yang kita sewa tiga tahun selesai sudah langsung berlanjut di pabrik sendiri," ujar Harry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com