Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajak Chery Tiggo 8 Pro Rute Luar Kota, Memaksimalkan Fitur ADAS

Kompas.com - 02/01/2023, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Chery Tiggo 8 Pro sudah resmi hadir di Indonesia dan membawa fitur yang mumpuni. Bahkan, fitur tersebut sangat berguna ketika dipakai perjalanan ke luar kota.

Selama meminjam Chery Tiggo 8 Pro dalam beberapa hari, redaksi Kompas Otomotif pun mencoba mobil 7 seater ini jalan-jalan rute luar kota, tepatnya Jakarta-Bogor PP.

Soal impresi berkendara, Tiggo 8 Pro sangat nyaman digunakan pada rute luar kota. Hal ini didukung dengan penyematan Advanced Driver Assistance System (ADAS), terutama Adaptive Cruise Control (ACC).

Baca juga: Spesifikasi dan Fitur Lengkap Chery Tiggo 8 Pro

Chery Tiggo 8 ProKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Chery Tiggo 8 Pro

Fitur pengatur kecepatan berkendara ini bekerja dengan ciamik saat kondisi jalan tol lancar. Pengemudi tinggal menyetel kecepatan yang diinginkan, Tiggo 8 Pro akan menyesuaikan gas dan rem pada kecepatan tersebut.

Selain itu, fitur ini mampu menyesuaikan jarak aman dengan kendaraan yang ada di depan. Jika kendaraan di depan mengerem, maka Tiggo 8 Pro pun mengerem, begitu juga saat kendaraan di depan berakselerasi.

Hebatnya, sistem ACC ini juga berguna saat terjebak macet di jalan tol. ACC akan terus aktif, bahkan sampai mobil di depannya berhenti. Berbeda dengan beberapa fitur ACC yang deaktivasi ketika kecepatan kendaraan di bawah 30 Kpj.

Baca juga: Tak Bayar Pajak Kendaraan 2 Tahun Jadi Bodong, Ini Dasar Hukumnya

Chery Tiggo 8 ProKOMPAS.com/ADITYO WISNU Chery Tiggo 8 Pro

Jadi, saat mobil di depan mulai jalan dari posisi berhenti, tinggal tekan saja pedal gas, maka Tiggo akan menyesuaikan jarak dan kecepatan dengan kendaraan di depan.

Hadirnya ADAS terutama ACC ini sangat membantu pengemudi untuk tetap fokus ke depan, tidak perlu capek menginjak gas dan rem saat di tol. Selain itu, pengemudi juga jadi tidak cepat kelelahan.

Selain ACC, Tiggo 8 Pro juga dilengkapi dengan Lane Departure Warning (LDW). Jadi ketika mobil melewati marka, maka akan muncul suara peringatan untuk kembali ke jalurnya.

Baca juga: Pabrik Chery di Indonesia Jadi Basis Produksi Mobil Setir Kanan

Chery Tiggo 8 ProKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Chery Tiggo 8 Pro

Tapi sayang, fitur tersebut cuma berupa peringatan, tidak mengoreksi kemudi secara otomatis. Pengemudi harus tetap memegang setir, jangan mengandalkan ACC dan LDW.

Selain fitur tadi, Tiggo 8 Pro dilengkapi dengan mesin yang bertenaga, 2.000 cc TGDI dengan 250 TK dan torsi 390 Nm. Untuk perjalanan luar kota lewat tol, tenaga tersebut sangat mumpuni.

Bahkan, ketika memakai mode berkendara Normal atau Sport, mesin sangat responsif ketika pedal gas diinjak. Untuk menyalip berbagai mobil di jalan tol, Tiggo 8 Pro ini sangat mumpuni.

Untuk kekedapan kabin di jalan tol pun bisa dibilang baik. Suara ban tidak banyak masuk ke kabin, begitu juga suara angin yang menabrak kaca spion, hening dan nyaman.

Baca juga: Tes Kamera 360 dan Akselerasi Chery Tiggo Series di Sirkuit Sentul

Chery Tiggo 8 ProKOMPAS.com/ADITYO WISNU Chery Tiggo 8 Pro

Selain impresi mengemudi di rute luar kota, redaksi juga menghitung konsumsi BBM dari Tiggo 8 Pro. Pengujian dilakukan dengan mengemudi sejauh 100 Km, mayoritas di jalan tol, baik lancar dan macet.

Tiggo 8 Pro yang kami gunakan diisi dengan BBM RON 92 atau Pertamax dari Pertamina. Hasilnya, mobil yang bisa memuat sampai 7 orang ini mencatatkan konsumsi BBM 12,9 Km per liter.

Hasil tersebut bisa dibilang cukup hemat, mengingat tenaganya yang buas dan bisa digunakan kapan saja. Pada saat pengetesan pun kami tidak mengacu pada eco driving, alias normal saja, menyesuaikan kondisi jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com