Kompas.com - 24/11/2022, 13:21 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Chery baru saja meluncurkan dua mobil di segmen sport utility vehicle (SUV), yakni Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro.

Peluncuran kedua mobil ini sekaligus menandai kembalinya Chery ke pasar otomotif Tanah Air setelah beberapa tahun lalu menyatakan berhenti berbisnis di Tanah Air.

Tak hanya meluncurkan mobil baru, Chery dikabarkan bakal investasikan 1 miliar dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 15 triliun, untuk membangun pabrik di Indonesia.

Baca juga: Target Chery Jual 500 Unit Sampai Akhir Tahun

“Sebagai bentuk komitmen kami, Chery akan menginvestasikan 1 miliar dollar untuk membangun pabrik pusat produksi mobil di Indonesia,” ucap President Director PT Chery Motor Indonesia Shawn Xu, di kawasan Jakarta Barat, Rabu (23/11/2022).

Chery Tiggo 7 ProFoto: Chery Chery Tiggo 7 Pro

Shawn melanjutkan, nantinya Indonesia juga akan menjadi pusat produksi mobil setir kanan. Di mana mobil-mobil tersebut akan diekspor ke seluruh negara yang menganut setir kanan, seperti Australia, Malaysia, Singapura, hingga Brunei Darussalam.

Sementara Cina, nantinya akan menjadi pusat produksi mobil setir kiri, di mana produk mobil yang dihasilkan nantinya akan di impor ke negara-negara yang menggunakan setir kiri.

Sebagai informasi, Tiggo 7 Pro dan 8 Pro saat ini berstatus Completely Knocked Down (CKD) dirakit di fasilitas assembling milik Hyundai terdahulu, yakni PT Handal Indonesia Motor, Bekasi, Jawa Barat.

Ke depan Chery juga akan mendirikan pabrik sendiri. Rencananya, selain pabrik untuk perakitan kendaraan juga akan dibangun pusat penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD). Hanya saja hal tersebut masih dalam proses.

Baca juga: Turbo Rusak, Baiknya Ganti Baru atau Diperbaiki?

“Pabrik sedang dalam proses untuk mempelajari dari sisi research maupun ekosistem dari pabrik itu sendiri. Kita juga terus update ke pemerintahan dan masyarakat tentang pabrik,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.