Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Naik Motor Jangan Berhenti Mendadak Pakai Rem Depan

Kompas.com - 30/12/2022, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca ekstrem berupa hujan dan angin besar akan melanda beberapa daerah di Indonesia. Bagi yang tetap harus keluar rumah dengan mengendarai motor, harus ekstra hati-hati.

Perlu diperhatikan, cara mengendarai motor saat jalanan basah dan kering ada perbedaan. Ketika basah, cengkeraman ban ke aspal jadi lebih kecil, rawan terjadi selip.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, saat kondisi jalanan basah, pengendara harus jaga jarak aman dengan kendaraan lain. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan jarak pengereman yang lebih baik.

Baca juga: Mau Touring Motor Saat Tahun Baru, Perhatikan Ini

Jari di tuas remtribunnews.com Jari di tuas rem

Jika motor terlalu mepet dengan kendaraan di depannya, risiko rem mendadak sangat tinggi. Efek ketika menarik rem dengan keras di jalanan adalah ban selip, sehingga pengendara mudah terjatuh.

Kemudian, saat akan mengurangi kecepatan, Agus mengatakan baiknya jangan melakukan pengereman mendadak dengan rem depan saja, namun secara bersamaan antara rem depan dengan rem belakang, sehingga rem jadi lebih efektif.

"Penekanannya yang berbeda tergantung situasi jalannya. Jika jalan basah, licin, berpasir dan berbatu sebaiknya penggunaan rem depan jangan terlalu kuat atau dikurangi porsinya," ujar Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Tanpa Defogger, Ini Cara Usir Embun di Kaca Mobil Saat Hujan


Perlu diketahui, ketika roda depan selip, pengendara jadi lebih mudah jatuh daripada roda belakang yang mengunci. Sedangkan kalau roda belakang selip, motor masih bisa dikendalikan atau diseimbangkan.

Agus menyarankan, ketika berkendara di jalanan yang basah jangan mengebut, cukup di 50 kpj. Hal ini dilakukan untuk menghindari rem mendadak, sehingga terhindar dari kecelakaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.