Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dominasi Kecelakaan Selama Nataru Terjadi Karena Kecerobohan Pengemudi

Kompas.com - 30/12/2022, 07:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) berjalan ini, polisi mencatat cukup banyak terjadi kecelakaan. Menariknya, dominasi penyebab kecelakaan lalu lintas tersebut justru disebabkan oleh kecerobohan pengemudi.

Menurut data dari Integrated Road Safety Management System (IRSMS) Korlantas Polri, periode 23 Desember 2022, ada 30 insiden kecelakaan terjadi akibat ceroboh terhadap lalu lintas.

Baca juga: Kaleidoskop 2022: Deretan Kecelakaan Maut di Indonesia

Tercatat ada 29 insiden diakibatkan karena gagal menjaga jarak aman, 18 insiden karena ceroboh saat belok, 16 insiden karena ceroboh aturan lajur, dan delapan insiden karena ceroboh saat menyalip.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by NTMC POLRI (@ntmc_polri)

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, data yang dibuat NTMC Polri pasti valid. Sebab, setiap kali kecelakaan diinvestigasi dan kepolisian memiliki kamera CCTV di mana-mana.

"Benar sekali pengemudi di Indonesia rata-rata ceroboh dan cerobohnya macam-macam. Pengemudi dalam berpikir dan bertindaknya selalu tidak dengan akal sehat, yang diutamakan hanya kepentingan pribadi dan dengan skill yang terbatas," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Kejadian Lagi, Kecelakaan Truk di Muara Rapak Diduga Rem Blong

Ilustrasi kecelakaan kendaraan.Shutterstock Ilustrasi kecelakaan kendaraan.

Sony menambahkan, kelihatannya memang sepele, tapi perlu diingat bahwa rambu-rambu dibuat untuk mengatur lalu lintas agar tertib, aman, lancar dan minim kecelakaan.

"Kunci dari keselamatan berkendara itu kan mampu menguasai diri dulu, dengan cara jaga perilaku, kontrol emosi. Ketika diri sendiri sudah dikuasai, maka kendaraan dalam kontrol yang benar dan mampu mengambil sikap secara baik," kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com