Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Hujan, Sarung Tangan Wajib Dipakai Saat Naik Motor

Kompas.com - 30/12/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sarung tangan adalah riding gear yang bisa mengurangi cedera ketika alami kecelakaan. Fungsinya adalah sebagai pelindung tangan, baik dari panas matahari atau kerasnya aspal saat terjatuh.

Namun, memasuki musim hujan seperti saat ini, sarung tangan kerap dilepas saat mau berkendara. Pengendara biasanya kurang nyaman saat sarung tangan yang digunakan kuyup terkena air.

Johanes Lucky, Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, tidak ada alasan untuk melepas sarung tangan jika berkaitan dengan safety riding.

Baca juga: Bikin Motor Sport Fairing Tetap Keren di Musim Hujan

Ilustrasi berkendara saat hujanfederaloil.co.id Ilustrasi berkendara saat hujan

"Baiknya tetap dipakai (saat hujan) karena fungsinya untuk melindungi kita seumpama terjadi sesuatu untuk meminimalisir resiko," kata Lucky beberapa waktu lalu.

"Jangan terus karena hujan kemudian dilepas, berarti kita tidak ada perlindungan sama sekali ke jari kita. Jadi tetap harus dipakai," ucapnya.

Walaupun memang, jari menjadi lebih dingin atau kurang mencengkeram tuas gas, fungsi sarung tangan adalah untuk melindungi jari dan telapak.

Baca juga: Jalan Tol Terowongan Terpanjang Sudah Dibuka, Masih Gratis


Oleh karena itu, pengendara harus pintar memilih sarung tangan. Pilih model yang berkualitas, walau harga lebih mahal, tapi punya peruntukan yang sesuai, yakni berkendara.

"Jadi seharusnya memang tergantung sarung tangan juga. Kalau sarung tangannya khusus buat berkendara walaupun hujan, basah, tetap bisa digunakan," kata dia.

"Artinya fungsi sarung tangan untuk memegang grip tidak hilang atau jadi licin," ungkap Lucky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.