Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Besar Kapasitas Produksi Sasis Bus Volvo di Indonesia?

Kompas.com - 22/12/2022, 19:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indotruck Utama selaku pemegang merek Volvo Buses Indonesia baru saja meluncurkan lini produk baru yang sudah punya standar emisi Euro 5. Kedua sasis yang diperkenalkan adalah B11R Euro 5 dan B8R Euro 5.

Selain diperkenalkan, Volvo Buses pun menyatakan kalau kedua sasis tersebut sudah dirakit di Indonesia oleh PT National Assemblers di Pulo Gadung, Jakarta. Pada batch pertama, sudah ada tujuh sasis yang dirakit dan semuanya ludes terjual.

Lalu berapa besar kapasitas produksi sasis bus Volvo di Indonesia? 

Baca juga: Sasis Bus Volvo Terbaru dengan Standar Euro 5 Sudah Ludes

Bambang Prijono, Presiden Direktur PT Indotruck Utama mengatakan, untuk Volvo sendiri bermain di kelas bus premium yang tidak begitu banyak permintaan sasisnya.

"Kita bermain di kelas bus premium, bukan bicara jumlah yang besar. Tetapi kita mau mengisi pasar premium ini semaksimal mungkin," ucap Bambang di Jakarta, Senin (19/12/2022).

Soal kapasitas produksi, Bambang mengatakan kalau pihaknya mampu memproduksi sesuai dengan kebutuhan. Bahkan bisa juga kapasitasnya dimaksimalkan, mengikuti kondisi pasar.

Baca juga: Honda Lansir CB1300 Super Bol dOr SP dan Super Four Edisi Khusus

"Fasilitas produksi yang ada masih bisa untuk melakukan peningkatan produksi sampai berapapun siap," ucapnya.

Target Volvo Buses di Indonesia saat ini adalah dengan menjadi pemimpin di pasar sasis bus premium. Bahkan di 2022, kabarnya target tersebut sudah tercapai.

"Kita berusaha menjadi salah satu yang terdepan di pasar Indonesia, tahun 2022 Alhamdulillah sudah (capai target)," ucap Eka Lovyan, COO PT Indotruck Utama.

Setelah menyelesaikan produksi batch pertama, Volvo terus melanjutkan perakitan sasis. Hal ini dilakukan untuk menyediakan stok yang cukup, apalagi dalam waktu dekat sudah lebaran atau Idul Fitri, di mana banyak PO yang memperbarui armadanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com