Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Nataru, Catat Nomor Telepon Penting untuk Kondisi Darurat

Kompas.com - 23/12/2022, 06:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur Natal dan tahun baru (Nataru) ini, tak sedikit yang memilih untuk bepergian ke luar kota, baik mudik maupun sekadar liburan. Sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Bepergian ke luar kota, melalui jalan tol, tentunya kondisi mobil juga harus terjaga. Selain itu, ada juga nomor telepon penting yang perlu dicatat untuk berjaga-jaga seandainya ada kondisi darurat di jalan tol.

Baca juga: Pastikan Kondisi Mobil Sehat Sebelum Dibawa Liburan Nataru

Nomor-nomor telepon penting ini juga bisa memberikan informasi terkait kondisi darurat di ruas tol di sepanjang rute perjalanan. Misalkan, terjadi kecelakaan lalu lintas atau mobil yang mogok, dan lainnya.

Kendaraan melintas di Jalan Tol Solo-Semarang, Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (5/5/2022). Pemerintah mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum 6 Mei dan sesudah 8 Mei 2022 agar dapat menghindari kepadatan pada puncak arus balik Lebaran 2022.ANTARA FOTO/ALOYSIUS JAROT NUGROHO Kendaraan melintas di Jalan Tol Solo-Semarang, Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (5/5/2022). Pemerintah mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum 6 Mei dan sesudah 8 Mei 2022 agar dapat menghindari kepadatan pada puncak arus balik Lebaran 2022.

Mobil mogok karena kehabisan bensin bisa menghubungi layanan Pertamina. Lalu, jika terjadi kerusakan pada mesin, bisa juga menghubungi jasa derek.

Seandainya terjadi kecelakaan, bisa juga menghubungi ambulans dan pihak kepolisian sehingga bisa cepat langsung ditangani jika terjadi kondisi darurat.

Baca juga: Ini Jenis Angkutan Barang yang Diperbolehkan Melintas Saat Nataru

Berikut ini nomor penting yang bisa dihubungi pengendara saat mengalami keadaan darurat ketika sedang melintas di jalan tol:

  • Nomor telepon Jasa Marga, 24 jam: 14080
  • Layanan informasi jalan tol: 0813-8006-8000
  • Layanan BBM Pertamina: 135
  • Layanan Kepolisian: 110
  • Layanan pemadam kebakaran (Damkar): 113
  • Layanan Basarnas: 115
  • Layanan ambulans: 118 atau 119
  • Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB): 117
  • Kementerian Perhubungan (Kemenhub): 151
  • Pusat Krisis Kemenkes RI: 0812-1212-319
  • BPJS Kesehatan: 1-500-400
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com