Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Keamanan Jaringan Mobil Honda dan Nissan Ternyata Bisa Diretas

Kompas.com - 03/12/2022, 18:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan zaman sekarang sangat canggih hingga terkoneksi dengan internet, termasuk Honda, Nissan, Infiniti, dan Acura. Namun, ternyata mobil-mobil tersebut bisa kena retas.

Dikutip dari Carscoops.com, Sabtu (3/12/2022), beberapa mobil yang diproduksi oleh pabrikan tersebut bisa diretas jaringannya melalui Sirius XM.

Untuk diketahui, Sirius XM merupakan perusahaan penyiaran yang berlokasi di Amerika Serikat. Sirius XM menyediakan radio satelit dan layanan radio online. Belum lama ini, Sirius XM terpaksa meningkatkan sistem keamanannya dari para peretas.

Baca juga: Honda Mulai Produksi Massal WR-V di Karawang

Peretas terkenal bernama Sam Curry belum lama ini membeberkan kelemahan pada sistem kelemahan Sirius XM. Bahkan, dia membagikan detail bagaimana dia melakukan peretasan tersebut melalui akun Twitter pribadinya.

Mobil Honda dan Nissan bisa diretas melalui Sirius XMDok. Carscoops.com Mobil Honda dan Nissan bisa diretas melalui Sirius XM

Peretasan yang dia lakukan membuat mobil bisa dinyalakan mesinnya dari jarak jauh. Selain itu, peretas tersebut juga bisa membuka kunci mobil, menemukan lokasinya, menyalakan lampu, klakson, dan lainnya.

Sam Curry menjelaskan bahwa peretasan tersebut bisa dilakukan hanya dengan mengetahui Vehicle Identification Number (VIN).

Baca juga: Manfaat Fitur Honda Sensing Selama Perjalanan Jakarta-Aceh dengan BR-V

Ternyata, Sirius XM menggunakan VIN untuk mengotorisasi perintah dan mengambil profil penggunanya. Peretas yang bisa menembus sistem keamanan tersebut bisa mengetahui nama pemilik mobil, nomor telepon, alamat, dan detail mobilnya.

Curry mengungkapkan bahwa pabrikan mobil telah mengizinkan pemilik untuk mengautentikasi data melalui aplikasi seluler, seperti aplikasi Nissan Connected dan aplikasi MyHonda.

Jadi, mobil yang terhubung dengan jaringan internet atau smartphone, bisa saja mengalami peretasan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.