Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Kembangkan Teknologi Otonom, Tidak Perlu Lagi Pegang Setir

Kompas.com - 01/12/2022, 16:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pabrikan berlomba-lomba mengembangkan teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS). Belum lama ini, Honda mengembangkan fitur terbarunya yang bisa membuat pengemudi berkendara tanpa perlu pegang setir.

Dikutip dari Carscoops.com, Kamis (1/12/2022), pabrikan asal Jepang tersebut sedang meningkatkan teknologi Honda Sensing 360 dan Honda Sensing Elite dengan menambahkan fitur yang disebut dengan Advanced In-Lane Driving with Hands-off Function.

Baca juga: Honda Siap Produksi CR-V Bertenaga Hidrogen

Meskipun namanya kepanjangan, tapi fitur ini cukup canggih. Fitur ini akan menjaga kendaraan tetap berada di tengah, sekaligus mengendalikan akselerasi, pengereman, dan setir.

Honda SensingDok. Carscoops.com Honda Sensing

Selain itu, terdapat juga fitur Advanced Lane Change with Hands-off Function. Fitur ini mampu membuat kendaraan pindah jalur tanpa pengemudi harus menggerakkan setir.

Namun, bukan berarti pengemudi bisa melepaskan kendali sepenuhnya. Honda akan menggunakan kamera untuk memantau pengemudi untuk melihat apakah matanya terbuka dan apakah kepalanya terangkat.

Baca juga: Banyak Faktor yang Membuat Honda Terpuruk di MotoGP

Ilustrasi Honda Sensing 360 Dok. Carscoops.com Ilustrasi Honda Sensing 360

Jika terdeteksi pengemudi tertidur, fitur yang dimiliki Honda akan menjaga kendaraan tetap di jalur sambil memberikan tanda peringatan berupa suara.

Lalu, jika pengemudi masih juga tertidur, alarm akan semakin keras dan pedal gas dinonaktifkan. Langkah ini diambil guna mencegah pengemudi terkejut dan lalu panik menginjak pedal gas secara tidak sengaja.

Ilustrasi Honda Sensing 360 Dok. Carscoops.com Ilustrasi Honda Sensing 360

Sistem ini juga bisa menghubungi bantuan darurat sebagai pertolongan jika pengemudi mengalami serangan jantung atau stroke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com