Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rahasia Casey Stoner Bisa Kencang Geber Motor Ducati dan Honda

Kompas.com - 01/12/2022, 16:44 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Casey Stoner merupakan mantan pebalap MotoGP yang memiliki talenta luar biasa. Hal tersebut juga diakui oleh mantan kepala mekaniknya, Cristian Gabarrini, yang sekarang bekerja untuk Francesco Bagnaia.

Gabarrini pernah menjadi kepala mekanik Stoner pada 2007 saat pebalap Australia tersebut menjadi juara dunia MotoGP bersama Ducati. Lalu, dia juga membantu Stoner menjadi juara dunia lagi pada 2011 bersama Honda.

Baca juga: Perbedaan Sikap Pecco dan Stoner di Ducati, Stoner Disebut Lebih Kasar

Gabarrini mengungkapkan bahwa Stoner memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengendalikan Desmosedici GP7. Saat itu, semua motor memiliki kapasitas mesin 800 cc.

Casey Stoner saat berlaga pada MotoGP Valencia 2012. AFP PHOTO / JOSE JORDAN (Photo by JOSE JORDAN / AFP)JOSE JORDAN Casey Stoner saat berlaga pada MotoGP Valencia 2012. AFP PHOTO / JOSE JORDAN (Photo by JOSE JORDAN / AFP)

Dengan regulasi yang baru, jumlah kapasitas bahan bakar yang diperbolehkan berkurang dari 22 liter menjadi 21 liter. Sehingga, motor membutuhkan efisiensi dan kontrol gas yang lebih baik.

"Pada saat itu, elektronik belum berkembang seperti sekarang ini. Jadi, apa yang kami lakukan adalah tidak tergantung dengan elektronik," ujar Gabarrini, dikutip dari Motorsport.com, Kamis (1/12/2022).

Baca juga: Raih Podium Kedua di GP Australia, Marquez Akui Tiru Gaya Balap Stoner

Menurut Gabarrini, kemampuan Stoner dalam buka tutup gas lebih efektif dibandingkan menggunakan elektronik pada masa itu. Bukan hanya saat di Ducati, ketika di Honda pun dia tetap bisa melakukannya.

Casey Stoner.Crash.net Casey Stoner.

"Ketika Casey datang ke Honda, dia minta untuk memegang sebagian besar kendali gas, dan bagaimana itu berkomunikasi dengan mesin. Pada saat itu, dia lebih efektif karena bisa memotong lebih awal akselerasi dibandingkan elektronik," katanya.

Gabarrini mengatakan, kendali Stoner atas gas merupakan kunci utama dalam efisiensi bahan bakar. Sehingga, performanya lebih unggul dibandingkan pebalap lainnya.

Pebalap Repsol Honda, Casey Stoner, melakukan selebrasi usai menjuarai GP Australia, Minggu (28/10/2012).AFP/WILLIAM WEST Pebalap Repsol Honda, Casey Stoner, melakukan selebrasi usai menjuarai GP Australia, Minggu (28/10/2012).

"Ducati di 2007 merupakan motor yang ekstrem, dengan mesin yang sangat bertenaga, tapi hampir tidak bisa dikendarai. Mesinnya sangat haus bahan bakar," ujar Gabarrini.

"Selama bertahun-tahun, manajemen mesin terus diperbaiki, dan itulah mengapa Ducati sekarang menjadi salah satu motor terbaik di grid," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com