Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sistem Keamanan Jaringan Mobil Honda dan Nissan Ternyata Bisa Diretas

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan zaman sekarang sangat canggih hingga terkoneksi dengan internet, termasuk Honda, Nissan, Infiniti, dan Acura. Namun, ternyata mobil-mobil tersebut bisa kena retas.

Dikutip dari Carscoops.com, Sabtu (3/12/2022), beberapa mobil yang diproduksi oleh pabrikan tersebut bisa diretas jaringannya melalui Sirius XM.

Untuk diketahui, Sirius XM merupakan perusahaan penyiaran yang berlokasi di Amerika Serikat. Sirius XM menyediakan radio satelit dan layanan radio online. Belum lama ini, Sirius XM terpaksa meningkatkan sistem keamanannya dari para peretas.

Peretas terkenal bernama Sam Curry belum lama ini membeberkan kelemahan pada sistem kelemahan Sirius XM. Bahkan, dia membagikan detail bagaimana dia melakukan peretasan tersebut melalui akun Twitter pribadinya.

Peretasan yang dia lakukan membuat mobil bisa dinyalakan mesinnya dari jarak jauh. Selain itu, peretas tersebut juga bisa membuka kunci mobil, menemukan lokasinya, menyalakan lampu, klakson, dan lainnya.

Sam Curry menjelaskan bahwa peretasan tersebut bisa dilakukan hanya dengan mengetahui Vehicle Identification Number (VIN).

Ternyata, Sirius XM menggunakan VIN untuk mengotorisasi perintah dan mengambil profil penggunanya. Peretas yang bisa menembus sistem keamanan tersebut bisa mengetahui nama pemilik mobil, nomor telepon, alamat, dan detail mobilnya.

Jadi, mobil yang terhubung dengan jaringan internet atau smartphone, bisa saja mengalami peretasan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/03/184100715/sistem-keamanan-jaringan-mobil-honda-dan-nissan-ternyata-bisa-diretas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke