Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2022, 12:22 WIB

MALANG, KOMPAS.com – Era kendaraan listrik tengah didorong oleh pemerintah Indonesia saat ini. Truk listrik eCanter menjadi perwakilan kendaraan niaga yang sudah sering hadir meramaikan pameran-pameran otomotif.

Akan tetapi, truk listrik ini masuk belum belum diperjual belikan secara resmi di pasar Tanah Air.

General Manager Business Communication PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors Toto Sudaryanto mengatakan, eCanter merupakan satu-satunya kendaraan listrik niaga di Indonesia yang bisa dicoba untuk test drive pada beberapa tempat bagi konsumen.

Baca juga: Beda Cara Kerja Mobil Hybrid Murni dan Mild Hybrid

“Hanya saja untuk kendaraan listrik kita sama-sama wait and see saja untuk Fuso. Kita di Jepang sudah ada, kalau suatu saat Indonesia di push untuk peralihan, paling tidak kita sudah ada duluan. Yang lainnya itu mayoritas meluncurkan kendaraan penumpang,” kata Toto di Malang, Minggu (27/11/2022).


Toto juga mengatakan jika ada kemungkinan kedepannya eCanter akan fokus ke kota mandiri seperti SCBD. Hal tersebut karena daerah tersebut rata-rata hanya menggunakan kendaraan niaga untuk antar barang ringan.

“Untuk kapan dijualnya kita masih menunggu kebijakan pemerintah karena sekarang saja kendaraan listrik untuk penumpang lebih ke gaya bukan untuk kebutuhan,” kata Toto.

Fuso eCanterDOK. FUSO Fuso eCanter

Baca juga: Melihat Konsep Taksi Terbang Hyundai

Kendati demikian, Toto menyebutkan jika potensi untuk truk listrik ini dijual resmi pasti ada karena mengikuti era elektrifikasi kendaraan. Hanya saja masih banyak hal yang perlu dipertimbangkan untuk menjual eCanter secara resmi.

“Tapi balik lagi kalau memang Indonesia sudah menyambut maka eCanter maka akan kita luncurkan,” kata Toto.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.