Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2022, 08:22 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir-akhir ini banyak mobil keluaran baru yang menyematkan teknologi listrik dalam dapur pacunya. Salah satunya, yaitu hybrid.

Mengenai hybrid juga bermacam-macam jenis. Sebab, ini akan menentukan harga mobil hybrid itu. Seperti yang diketahui ada mobil hybrid murni dan mild hybrid yang keduanya memiliki selisih harga jual yang cukup jauh.

Lantas, apa perbedaan cara kerja mobil hybrid dan mild hybrid?

Baca juga: Jangan Salah Paham, Innova Zenix Hybrid Tidak Bisa Berjalan Tanpa BBM

Sasis Calon Mobil Hybrid SuzukiKOMPAS.com - Aditya Maulana Sasis Calon Mobil Hybrid Suzuki

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan perbedaan mobil hybrid dan mild hybrid terletak pada besar kecilnya kapasitas baterai, itu akan menentukan cara kerjanya.

“Di Toyota tidak ada mild hybrid, yang ada full hybrid sehingga kapasitas baterainya besar, bisa menghasilkan efisiensi konsumsi bahan bakar tinggi. Kalau kompetitor ada mild hybrid yang kapasitas baterainya kecil,” ucap Didi kepada Kompas.com, Minggu (28/11/2022).

Dia mengatakan dengan kapasitas baterai yang besar maka cara kerja mesin hybrid bisa lebih optimal.

Baca juga: Toyota Klaim, Kemungkinan Innova Zenix Hybrid Mogok Karena Baterai Sangat Kecil

Peluncuran Kijang Innova Zenix regional Jawa Tengah & D.I Yogyakarta berlangsung di Kawasan Candi Borobudur, Kamis (24/11/2022)Nasmoco Peluncuran Kijang Innova Zenix regional Jawa Tengah & D.I Yogyakarta berlangsung di Kawasan Candi Borobudur, Kamis (24/11/2022)

“Semakin besar kapasitas baterainya, maka kemampuan mesin hybrid bisa mengandalkan motor listrik makin panjang, sehingga konsumsi bahan bakarnya lebih sedikit, seperti yang diketahui pada mesin hybrid terdapat motor listrik dan mesin bakar,” ucap Didi.

Dia mengatakan bila kapasitas baterainya kecil, maka kemampuan mesin hybrid juga bakal terbatas, bahkan untuk menggerakkan mobil hanya dengan mengandalkan motor listrik tidak akan bisa, seperti di mobil mild hybrid.

“Jika dilihat dari kapasitas baterainya, mobil mild hybrid memiliki baterai yang kecil, itu mungkin tidak akan mampu menggerakkan mobil secara independen, melainkan hanya sekadar membantu putaran mesin bakar,” ucap Didi.

Baca juga: Innova Zenix Hybrid Diklaim Lebih Irit Konsumsi BBM Saat Kondisi Macet

Wuling Almaz HybridKompas.com/Donny Wuling Almaz Hybrid

Dia juga mengatakan perpaduan sistem kerja mesin bakar dan motor listrik pada mobil hybrid bekerja secara tertutup, jadi bekerja berdasarkan perintah sistem tidak bisa diatur secara manua oleh pengendara.

Jadi, perbedaan cara kerja mobil hybrid dan mild hybrid ada di kolaborasi mesin bakar dan motor listriknya; di mana mesin hybrid bisa mengandalkan salah satu sumber tenaga sementara mild hybrid motor listriknya hanya membantu putaran mesin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.