Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modal Rp 8 Jutaan, Dapat Motor Bekas Apa Saja?

Kompas.com - 28/11/2022, 11:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Sampai saat ini, sepeda motor bekas masih menjadi pilihan bagi sebagian besar masyarakat, terutama yang mengincar harga lebih murah dari model baru.

Bahkan dengan dana di bawah Rp 10 juta, masyarakat memiliki banyak pilihan motor bekas yang bisa di beli. Dari segmen bebek, skutik, atau sport

Contoh dengan dana Rp 8 jutaan, konsumen yang berada di Semarang bisa mendapat beberapa pilihan motor bekas menarik.

Dari beberapa segmen yang ada dengan harga tersebut, ternyata penjualan skutik masih tetap mendominasi meskipun tahun lawas dengan karburator.

Baca juga: Hitung Biaya Balik Nama Beli Sepeda Motor Bekas

"Skutik paling banyak dicari, pilihannya ada dari model karbu sampai injeksi generasi awal," kata Sarfan Abdul Ghani Pemilik Showroom Khanza Motor Gubug, Grobogan kepada Kompas.com, Senin (28/11/2022). 

Dengan bujet  Rp 8 jutaan tersebut, beberapa model skutik seperti Honda BeAt dan Vario keluaran tahun 2012 atau tipe karburator masih bisa didapat. 

Ilustrasi Honda BeAT generasi pertamaIstimewa Ilustrasi Honda BeAT generasi pertama

Peminatnya pun terbilang banyak dan pasarnya kompetitif. Sarfan mengatakan, pembeli motor bekas datang dari wilayah-wilayah di sekitarnya. 

"Masih satu wilayah, paling tetangga desa yang banyak. Harga Rp 7-8 juta kalau di desa sudah cocok  digunakan untuk sehari-hari," kata dia. 

Sulaiman, pemilik showroom Ari Motor Tegowanu, Grobogan, mengatakan hal yang sama. Menurut dia, penjualan motor bekas harga Rp 8 juta ke bawah peminatnya sampai saat ini masih cukup tinggi. 

"Sesuai kebutuhan, motor harian dipakai sebagai alat transportasi. Beli baru harganya juga mahal," ucapnya. 

Menurut Sulaiman, dari semua tipe skutik mendominasi karena jumlah tersedia di pasaran banyak dan sesuai keinginan berbagai kalangan. 

Baca juga: Berburu Motor Bekas Bujet Rp 12 Jutaan, Bisa Dapat Suzuki GSX

Motor bebek juga ada, tetap tetapi jumlahnya terbatas. Sedangkan untuk motor sport jarang tersedia dikisaran harga tersebut. 

Showroom sepeda motor bekasDicky Aditya Wijaya Showroom sepeda motor bekas

"Bebek karbu ada Supra X 125, dan Jupiter Z. Motor sport jarang diminati sekarang, enak matik tinggal gas sama rem," katanya. 

Sebagai informasi, berikut pilihan motor bekas harga Rp 8 jutaan berdasarkan pantauan, Senin (28/11/2022) di bursa motor bekas daring Kota Semarang dan sekitarnya, yaitu: 

 

Honda: 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com