Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2022, 07:21 WIB
|

BOGOR, KOMPAS.com – Polisi masih memberlakukan pembatasan kendaraan dengan skema ganjil genap berlaku di jalur Puncak, Kabupaten Bogor, setiap akhir pekan.

“Masih berlangsung, kita laksanakan seperti biasa Jumat sampai Minggu,” kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata, disitat dari NTMC Polri (27/11/2022).

Dicky mengatakan, penerapan ganjil genap dimulai sejak Jumat (25/11/2022) pukul 14.00 WIB hingga Minggu (27/22/2022)pukul 24.00 WIB.

Baca juga: Garansi Hangus, Ganti Baterai Innova Zenix Hybrid Rp 30 Jutaan

Macet panjang terlihat di Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, sejak pagi hinga petang sehingga pengendara tujuan Bogor diarahkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi, Minggu (15/5/2022). ANTARA/AHMAD FIKRI Macet panjang terlihat di Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, sejak pagi hinga petang sehingga pengendara tujuan Bogor diarahkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi, Minggu (15/5/2022).

Menurutnya, apabila ada kendaraan bantuan untuk korban gempa Cianjur yang hendak melewati jalur Puncak tapi pelat nomor tidak sesuai tanggal, tetap diperbolehkan melintas.

“Boleh dong, kita kan lihat juga di pemeriksaan itu,” ucap Dicky.

Meski begitu, Dicky mengimbau pengendara tidak seluruhnya melintasi jalur Puncak. Mengingat kapasitas jalur Puncak yang terbatas.

Baca juga: Marquez Batal Pensiun Dini, Dapat Semangat dari Para Rival

“Cuma kita mengarahkan semua orang kan terkonsentrasi lewat jalur Puncak, kami mengarahkan kepada masyarakat yang akan memberikan bantuan itu dapat melalui jalur lain. Jadi tidak semua terkonsentrasi,” kata Dicky.

Dia memberi opsi jalur alternatif. Salah satunya melalui Jonggol yang bisa langsung tembus ke kawasan perkotaan di Cianjur.

“Nanti sama saja nanti numpuk, lebih baik lewat Jonggol langsung tembus ke Cianjur. Bayangkan kalau semua numpuk, kan kapasitas Puncak juga nggak mungkin,” tutur Dicky.

Baca juga: Apa Fungsi Anak Kunci yang Tersembunyi di Dalam Remote Keyless?

Salah satu spot rawan longsor di sepanjang jalur Puncak, Cianjur, Jawa Barat.KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Salah satu spot rawan longsor di sepanjang jalur Puncak, Cianjur, Jawa Barat.

Sementara itu, untuk sistem satu arah atau one way kemungkinan akan dilaksanakan lebih pagi dari biasanya. Mengingat potensi banyaknya aktivitas wisata dan kendaraan bantuan gempa Cianjur besok.

“Untuk besok mengingat adanya jalur wisatawan dan masyarakat yang memberikan bantuan, mungkin kita akan melaksanakan one way lebih dini ya. Jadi supaya arus yang mau masuk ke atas tuh lebih cepat terserap,” ujar Dicky.

Untuk diketahui, aturan ganjil genap ini mengacu kepada Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 84 Tahun 2021 tentang Pengaturan Lalu Lintas di Ruas Jalan Nasional Ciawi-Puncak Nomor 074 dan Ruas Jalan Nasional Puncak-Batas Kota Cianjur Nomor 075.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.