Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah Paham, Innova Zenix Hybrid Tidak Bisa Berjalan Tanpa BBM

Kompas.com - 26/11/2022, 19:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati sudah didukung oleh motor listrik sebagai salah satu sumber tenaga selain dari mesin bakar, mobil listrik berteknologi hybrid alias hibrida masih membutuhkan bahan bakar minyak (BBM).

Khususnya, untuk kendaraan hybrid dengan jenis kombinasi seri dan pararel, serta pararel murni yang kini umum digunakan oleh berbagai produsen otomotif. Sebagai contoh model terbarunya, ialah Toyota Kijang Innova Zenix.

"Innova Zenix Hybrid menggunakan jenis hibrida kombinasi seri dan pararel. Jadi, mesin dan motor listriknya bisa berkerja sendiri, juga bisa bersamaan tergantung kebutuhan," kata Dealer Technical Support Dept Head Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi kepada Kompas.com, Sabtu (26/11/2022).

Baca juga: Innova Zenix Hybrid Diklaim Lebih Irit Konsumsi BBM Saat Kondisi Macet

Proses perakitan baterai pada mobil terbaru Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.Toyota/TMMIN Proses perakitan baterai pada mobil terbaru Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.

Tapi yang harus dipahami, lanjut Didi, ketika mobil kehabisan bensin sitemnya tidak akan berkerja alias hanya mengandalkan motor listrik saja.

Hal itu karena baterai pada mobil hybrid khususnya Innova Zenix Hybrid, ada dua yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Yaitu, sebagai aki untuk menyuplai berbagai kelistrikan di mobil serta sebagai starter mobil.

"Di mobil hybrid, itu ada dua baterai. Yang satu aki biasa sebagai auxiliary yang menyuplai untuk alarm, radio, dan lain sebagainya. Lalu ada juga baterai hybrid yang untuk menstarter mesin," kata dia.

"Kalau mobil konvensional, baterai kecil atau aki yang menstarter mesin," tambah Didi.

Sementara kedua baterai tersebut, pengisian dayanya melalui kinerja mesin bakar sebagai sumber daya penggerak utama. Mudahnya, tenaga motor listrik itu bersifat sebagai generator alias tenaga penggerak tambahan, bukan sebaliknya.

Baca juga: Garansi Hangus, Ganti Baterai Innova Zenix Hybrid Rp 30 Jutaan

Mesin Innova Zenix Nasmoco Mesin Innova Zenix

Apabila pemilik atau pengemudi mengalami kondisi dimaksud, ia mengimbau agar segera menghubungi pihak bengkel resmi Toyota. Sebab, mobil tidak akan menyala meski sudah diisi bensin kembali.

"Bila kejadian baterai hybrid habis atau kosong, harus dicharge dengan alat khusus yang sementara ini hanya dimiliki oleh TAM," ucap Didi.

Jadi meskipun mobil hybrid konsumsi BBM-nya lebih hemat sampai dua kali lipat dari mobil konvensional, jangan sampai abai terhadap pengisian bensin, ya!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.