Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2022, 13:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia mengklaim bahwa Innova Zenix Hybrid sebagai kendaraan elektrifikasi pertama yang diproduksi di dalam negeri, mampu mencapai konsumsi bahan bakar 21 kilometer per liter (kpl).

Angka tersebut tentu sangat besar, mengingat rata-rata konsumsi bahan bakar di mobil diesel hanya 14 kpl dan mesin bensin 15 kpl. Hal tersebut bisa diperoleh karena sumber tenaga penggerak mobil ada dua, yakni mesin bakar dan baterai dengan motor listrik.

"Pada Innova Zenix Hybrid ini, total jarak yang bisa ditempuh hanya memakai baterainya itu sampai 20 km," kata Herry Darmasaputra Area Business Manager Auto2000 Northwest saat ditemui di Jakarta Utara, Jumat (25/11/2022).

Baca juga: Garansi Hangus, Ganti Baterai Innova Zenix Hybrid Rp 30 Jutaan

Peluncuran Kijang Innova Zenix regional Jawa Tengah & D.I Yogyakarta berlangsung di Kawasan Candi Borobudur, Kamis (24/11/2022)Nasmoco Peluncuran Kijang Innova Zenix regional Jawa Tengah & D.I Yogyakarta berlangsung di Kawasan Candi Borobudur, Kamis (24/11/2022)

"Lantas ada yang bertanya, ini lebih irit saat digunakan di luar kota apa macet? Analisa sementaranya, lebih hemat saat di kemacetan," lanjut dia.

Sebab, kata Herry lagi, ketika mobil berakselerasi dan tidak membutuhkan tenaga besar, seluruh aktivitas pengendaraan sepenuhnya berasal dari baterai. Sementara baterai itu, mampu menempuh jarak 20 km.

Adapun baterai bertipe non-Liquid electrolyte terkait akan melakukan pengisian ulang saat mobil sedang dalam keadaan diam dan deleserasi. Jadi, tidak ada tenaga yang terbuang.

"Tetapi kalau di bejek (gas-nya), mesin bakar yang berkerja," ucap dia.

Baca juga: Innova Hycross Meluncur, Ini Bedanya dengan Innova Zenix

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid lagi tes lewat genangan air di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.Toyota/TMMIN Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid lagi tes lewat genangan air di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.

Sebelumnya, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan ada beberapa poin yang menyebabkan bahan bakar Innova Zenix Hybrid bisa sangat irit.

Aspek yang utama, sumber tenaga mobil yang berasal dari mesin bensin dan motor listrik. Di mana, keduanya bisa berkerja berbarengan atau masing-masing tergantung keadaan jalan dan kebutuhan tenaga.

“Yang membuat konsumsi bahan bakar terhitung, itu kan bila mesin bensinnya bekerja, sedangkan Innova Zenix Hybrid bisa memungkinkan mesin bensin tidak bekerja dan hanya motor listriknya saja yang bekerja sehingga konsumsi bahan bakar bisa sangat irit,” ucap Didi kepada Kompas.com.

Baca juga: Beli Kredit Innova Zenix, DP Mulai Rp 30 Jutaan

Peluncuran Innova Zenix regional Jawa Tengah & D.I Yogyakarta berlangsung di Kawasan Candi Borobudur, Kamis (24/11/2022)Nasmoco Peluncuran Innova Zenix regional Jawa Tengah & D.I Yogyakarta berlangsung di Kawasan Candi Borobudur, Kamis (24/11/2022)

Selain itu, dia juga mengatakan Innova Zenix Hybrid memiliki bobot yang lebih ringan sehingga semakin ringan pula beban yang harus ditanggung oleh dapur pacu dan tipe transmisi E-CVT.

“Innova Zenix kan memiliki rangka yang lebih ringan dari generasi sebelumnya, itu bakal berpengaruh pada konsumsi bahan bakar,” ucap Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.