Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Pekanbaru ke Rantauprapat via Tol Pangkas 3 Jam Perjalanan

Kompas.com - 26/11/2022, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

RANTAUPRAPAT, KOMPAS.com - Melakukan perjalanan dari Pekanbaru ke Rantauprapat kini bisa melalui tol sehingga mempersingkat waktu perjalanan. Tol yang bisa digunakan adalah Pekanbaru-Dumai (Permai) yang dioperasikan oleh Hutama Karya.

Memang tol ini belum rampung total, tapi dapat mempersingkat waktu perjalanan menuju Rantauprapat. Kami menggunakan jalan tol tersebut sampai exit Bathin Solapan atau sejauh lebih kurang 103 Km.

Kalau melihat pada aplikasi navigasi, perjalanan non tol atau melalui Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera, perjalanan bisa ditempuh dalam 10 jam. Sedangkan kalau lewat Tol Permai, perjalanan lebih cepat tiga jam atau sekitar 7 jam.

Baca juga: Petualangan Honda BR-V Lewati Lintas Timur Sumatera Menuju Pekanbaru

Lintas timur sumatera KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Lintas timur sumatera

Secara kontur jalan, Jalan Tol Permai cukup mulus dan lurus, bahkan bisa dibilang minim permukaan yang bergelombang. Jadi pengemudi bisa lebih rileks selama perjalanan, berbeda jika melewati Jalintim yang berkelok dan belum menentu kondisinya, bisa ada perbaikan jalan atau macet.

Tapi untuk Jalan Tol Permai, saat ini masih menggunakan rest area yang temporary atau sementara. Walau tidak ada gedung atau masih menggunakan kontainer, fasilitasnya sudah lengkap seperti SPBU mini, mini market, warung makan, sampai toilet.

Perjalanan yang ditempuh lewat tol bisa menghemat waktu perjalanan sampai tiga jam. Lalu tarif yang harus dibayarkan jika masuk dari Pekanbaru dan keluar di Bathin Solapan, biayanya Rp 95.500.

Baca juga: Modifikasi Engine Swap Civic Estilo, Sedot Ratusan Juta Rupiah

Tapi keuntungan lain dari memakai tol adalah konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat. Ketika kami keluar dari tol, konsumsi BBM yang tercatat di MID Honda BR-V ada di angka 17 kilometer per liter.

Tapi untuk melanjutkan perjalanan dari exit Bathin Solapan sampai ke Rantauprapat, masih memakan waktu sekitar lima jam lagi. Jadi kembali lewati Jalintim Sumatera yang punya kondisi cukup mulus dan sedikit macet, tergantung waktu perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com