Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2022, 12:01 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Pada tiap kendaraan termasuk mobilrem jadi komponen utama dan menentukan keamanan dan keselamatan berkendara. 

Kinerja pengereman jadi berkurang signifikan, terlebih jika melakukan pengereman mendadak. Rem tidak akurat dan jarak aman pengereman berubah.  

Masalah umum berdampak merugikan adalah piringan disc brake yang habis tidak rata. Rem jadi bergetar dan akurasi pengereman jadi tidak sesuai. 

Piringan cakram bergelombang biasanya karena tekanan gesekan kampas rem yang terus-menerus. Hasilnya, beberapa sisi permukaan tersebut habis tidak bersamaan, titik-titik tertentu saja. 

Lantas apakah bisa dicegah? 

Baca juga: Rem Mobil Macet, Cek Bagian Piston Kaliper

Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto menjelaskan, cek fungsi dan kondisi sistem pengereman total bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan serius. 

"Secara berkala diperlukan cek kondisi fisik komponen rem seperti master rem, kaliper rem, dan disc brake. Jika kendaraan sering digunakan sehari-hari pakai rumus 10.000 kilometer," kata Bambang kepada Kompas.com, Sabtu (26/11/2022). 

Rematching disc brake bentuk perawatan rem untuk menyeimbangkan kembali permukaan disc brake yang habis tidak rataDicky Aditya Wijaya Rematching disc brake bentuk perawatan rem untuk menyeimbangkan kembali permukaan disc brake yang habis tidak rata

Pengecekan sistem pengereman dilakukan salah satunya menghindari disc brake bergelombang terlalu dalam. 

Piringan jadi komponen sensitif mudah mengalami perubahan struktur karena kinerja di luar batas dan faktor alamiah seperti kotoran. 

Komponen tersebut membutuhkan perawatan khusus berupa pembersihan. Hal ini dilakukan untuk mencegah korosi dan penurunan performa rem. 

"Pembersihan rem bisa dilakukan dengan menyemprotkan angin bertekanan dari kompresor. Hal iini lebih aman dibandingkan menyemprotkan cairan pembersih khusus rem, kandungan senyawa kimia jika tidak paham khawatirnya berbahaya, menimbulkan korosi," kata dia. 

Khusus mobil-mobil yang jarang digunakan, Bambang menyarankan, setidaknya satu kali seminggu mobil minimal harus dijalankan, cukup rute pendek saja untuk mencegah korosi dan kotoran menumpuk yang mengganggu sistem pengereman. 

Baca juga: Rem Mobil Macet, Cek Bagian Piston Kaliper

Disc Brake mobil bergelombang menyebabkan pedal rem bergetar Dicky Aditya Wijaya Disc Brake mobil bergelombang menyebabkan pedal rem bergetar

"Perawatannya beda, mobil jarang pakai bukan berarti sepenuhnya bebas dibiarkan. Seharusnya ada jadwal khusus, minimal keluar di kawasan kompleks. Mesin, kaki-kaki dan rem bisa bekerja normal," kata dia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com