Kompas.com - 25/11/2022, 20:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dihargai mulai Rp 419 juta sampai Rp 611 jutaan, tidak semua kelas masyarakat bisa menggarasikan Toyota Kijang Innova Zenix, khususnya yang berteknologi hybrid.

Pasalnya untuk mengeluarkan uang muka atau down payment (DP)-nya saja, calon konsumen harus menyiapkan sekitar Rp 80 juta (20-30 persen dari harga jual).

Sementara itu untuk cicilan per-bulannya, sebagaimana dikutip dari Auto2000, mulai Rp 9,1 juta dengan tenor lima tahun.

Baca juga: Pesan Innova Zenix Hybrid Inden Sampai 6 Bulan

Innova Zenix Dicky Aditya Wijaya Innova Zenix

Lantas konsumen seperti apa yang ideal untuk bisa membawa pulang Toyota Kijang Innova Zenix?

Dikatakan oleh Herry Darmasaputra, Area Business Manager Auto2000 Northwest, mungkin keluarga yang memiliki total penghasilan Rp 30 jutaan tiap bulan.

"Kami mengklasifikasikan dengan jumlah pendapatan Rp 30 jutaan per bulan untuk paket cicilan Rp 9 juta," kata dia di Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Pendapatan tersebut, lanjut Herry, ialah seorang karyawan di sebuah perusahaan, namun dengan jabatan tertentu.

Gelaran TAF Innova Zenix New Fest KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Gelaran TAF Innova Zenix New Fest

Selain itu wiraswasta yang bergarak di bidang apapun atau joint income dengan isteri (keduanya pekerja).

"Manager menengah, atau pengusaha muda, dan general manager awal juga bisa dengan gaji Rp 25-30 jutaan. Kalau manager kami sudah kalkulasi minimal punya dua rumah, dan yang satu rumahnya dikontrakan (pendapatan tambahan)," ujar dia.

Baca juga: Innova Hycross Meluncur, Ini Bedanya dengan Innova Zenix

Produksi Toyota Kijang Innova Hybrid di pabrik Karawang, Jawa Barat. Toyota/TMMIN Produksi Toyota Kijang Innova Hybrid di pabrik Karawang, Jawa Barat.

Hal senada disampaikan Credit Head Area TAF, Andri Risyad Rinaldi. Menurutnya debitur yang disetujui itu memiliki gaji tiga kali lipat lebih besar dari angsuran.

Maka tidak heran, jika cicilan berada di angka Rp 9 jutaaan maka perlu penghasilan Rp 30 jutaan.

"Jadi sepertiga cicilan, tapi bukan harus penghasilan utamanya sebesar itu, mereka bisa joint income dengan istrinya, atau dia punya usaha lain yang secara total kapasitasnya kita hitung," kata Andri.

Simak Video Test Innova Zenix:


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.