Kompas.com - 25/11/2022, 17:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Diler resmi Toyota Indonesia, Auto2000 mengungkapkan saat ini pemesanan Kijang Innova Hybrid sudah tembus 1.200 unit sejak kali pertama kali diluncurkan empat hari lalu, pada 22 November 2022.

Dengan data tersebut, perkiraan distribusi generasi ke-7 Kijang Innova itu mencapai 5-6 bulan alias April-Mei 2023.

Sebab, produksi Innova Zenix tiap bulannya hanya 3.000 unit sampai 4.000 unit saja dengan presentase pembagian 40:60 untuk varian hybrid dan mesin bensinnya.

"Untuk kapasitas produksi sekarang memang tidak bisa mengcover seluruh permintaan saat ini. Janji delivery kita itu sekarang ada di April-Mei 2023 untuk varian hybrid," kata Herry Darmasaputra selaku Area Business Manager Auto2000 Northwest saat ditemui di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, Jumat (25/11/2022).

Baca juga: Innova Zenix Hybrid di Jawa Tengah dan Yogyakarta Inden 2 Bulan

Jurnalis otomotif di Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta berkesempatan menguji secara langsung performa Innova Zenix di Kawasan Candi Borobudur, Kamis (24/11/2022)Nasmoco Jurnalis otomotif di Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta berkesempatan menguji secara langsung performa Innova Zenix di Kawasan Candi Borobudur, Kamis (24/11/2022)

"Pasalnya estimasi pemesanan sekarang, Innova Zenix Hybrid sudah mencapai 1.200 unit di Auto2000 Jakarta. Jadi indennya sampai segitu," lanjut dia.

Sementara untuk masa tunggu Innova Zenix bermesin bakar, masa tunggunya kini lebih cepat yaitu sekitar 3-4 bulan saja atau Februari-Maret 2023. Namun Herry belum bisa mengungkapkan jumlah pemesanannya.

Melihat animo masyarakat yang sangat tinggi ini, ia berharap bahwa manufaktur atau PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) bisa mengoptimalkan aktivitas produksi khususnya pada kuartal pertama dan kuartal kedua 2023.

"Mudah-mudahan dengan maksimalnya aktivitas produksi masa tunggunya hanya satu atau dua bulan saja," ucap Herry.

Baca juga: Kijang Innova Zenix Ditarget Ekspor ke 13 Negara di Dunia

Produksi Toyota Kijang Innova Hybrid di pabrik Karawang, Jawa Barat. Toyota/TMMIN Produksi Toyota Kijang Innova Hybrid di pabrik Karawang, Jawa Barat.

Sebelumnya, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) mengungkapkan bahwa pihaknya menargetkan mampu menjual sampai 4.000 unit Innova Zenix tiap bulan. Hal itu sesuai dengan kapasitas produksi kendaraan di fasilitas pabrik milik TMMIN.

Jumlah tersebut, merupakan rata-rata penjualan Kijang Innova di Indonesia. Sehingga seharusnya tidaklah masalah.

“Kalau yang sekarang penjualannya hampir sekitar 4.000 unit range-nya. Kira-kira lebih kurang di angka itu per bulan,” kata Anton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.