Kompas.com - 25/11/2022, 19:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai pengguna mobil, pengendara harus memastikan segala hal yang disematkan pada kendaraan aman bagi keselamatan berkendara.

Maka dari itu pemanggilan konsumen kembali atau recall menjadi bagi pengguna kendaraan roda empat. Namun banyak pemilik mobil yang enggan untuk menanggapi recall dari produsen kendaraan. 

Recall sendiri merupakan program yang biasa dilakukan produsen untuk melakukan update atau perbaikan terhadap mobil konsumen.

Baca juga: Innova Hycross Meluncur, Ini Bedanya dengan Innova Zenix

Honda Indonesia melalui akun Instagram resminya @hondaisme mengatakan jika pengguna mobil Honda yang melakukan recall tidak dikenakan biaya.

“Kami sampaikan kembali terkait informasi Recall Inflator Airbag, Recall Fuel Pump, dan Recall Master Cylinder. Untuk menjaga tingkat keamanan berkendara Anda, SEGERA lakukan penggantian komponen jika kendaraan Anda terdampak. Kampanye Recall ini tidak dipungut biaya,” tulis @hondaisme.

Kondisi pengecekan fuel pump- Kondisi pengecekan fuel pump

Kampanye recall dilakukan sebagai tindakan untuk pencegahan kemungkin airbag mengembang secara berlebihan, saat terjadi benturan yang memenuhi syarat sehingga berpotensi mengakibatkan cedera serius bagi pengemudi dan penumpang.

Baca juga: Malaysia Bikin Motor Hybrid, Gaya Cafe Racer

Tidak hanya itu, recall juga menjadi tindakan pencegahan kemungkinan fuel pump pada kendaraan yang teridentifikasi tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Lalu, dapat juga mencegah kemungkinan terjadinya kerusakan pada sistem rem yang menyebabkan pedal rem keras saat ditekan.

Maka dari itu, jika memiliki kendaraan dengan model yang berpotensi terdampak, perlu cek status kendaraan melalui website https://pud.honda-indonesia.com. Pemilik mobil juga dapat menghubungi Dealer Resmi Honda untuk melakukan Booking Service dan penggantian komponen tersebut.

“Dealer Resmi Honda telah menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 untuk memberikan kenyamanan bagi Anda. Anda dapat menanyakan Info Recall ke Hani (Honda Personal Assistant) di https://wa.me/+6281110676332. Untuk memudahkan Anda, booking service dan penanganan Recall GRATIS kini dapat dilakukan dengan mengunduh Aplikasi Honda e-Care di Google Play Store / App Store,” @hondaisme.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.