Pasar Innova Diesel Jadi Hybrid Akan Beralih secara Bertahap

Kompas.com - 25/11/2022, 10:22 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Setelah secara nasional, PT Toyota Astra-Motor (TAM) resmi meluncurkan versi terbaru Kijang Innova, yakni Innova Zenix khusus pasar regional Jawa Tengah & Yogyakarta. 

Sejalan visi dan misi Toyota mendukung percepatan era elektrifikasi di Tanah Air. Segmen multi purpose vehicle (MPV) di daerah tumbuh karena keinginan kuat pasar terhadap mobil nyaman, ramah lingkungan, dan cocok diandalkan segala macam medan. 

Belajar dari pengalaman perjalanan produk-produk Toyota di Jawa Tengah & Yogyakarta, prospek teknologi hybrid masa kini dan beberapa tahun kedepan diprediksi mengakomodir kebutuhan mobilitas secara adaptif, bertahap. 

"Teknologi modern mengubah beberapa sektor lama untuk menghasilkan tenaga dan efisiensi. Pasar mobil modern yang dibutuhkan adalah mobilitas tinggi, dan kenyamanan. Orang membeli mobil karena fungsional," kata Hartono Dinata Marketing Nasmoco Group, Kamis (24/11/2022). 

Baca juga: Indonesia Belum Masuk 10 Besar Produsen Mobil Dunia

Sejak tahun 2009, Toyota menjadi pioneer menghadirkan kendaraan elektrifikasi mewujudkan mobilitas ramah lingkungan.

Tersedia beberapa pilihan lengkap teknologi elektrifikasi mulai dari Hybrid EV, Plug-in Hybrid EV, hingga Battery EV melalui All New bZ4X. Secara total, TAM telah memiliki 15 line-up elektrifikasi yang telah dipasarkan lebih dari 7.000 unit. 

"Performa mesin meningkat 25 persen. Kenyamanan penumpang di dukung kabin yang luas, wheelbase dan space orang duduk bertambah 6 cm. Di kedua row, yakni tengah dan dan belakang," kata dia. 

Hartono menjelaskan, transformasi generasi hybrid dari diesel common rail khusus pasar daerah bertahap diawali menanamkan pola pikir baru. 

Mesin Innova Zenix Nasmoco Mesin Innova Zenix

Beberapa kalangan menilai ketangguhan mesin diesel dijadikan operasional karena beberapa faktor, seperti efisiensi, power tenaga mesin, dan durabilitas penggunaan medan-medan berat. 

Baca juga: Daftar Harga Innova Zenix di Jawa Tengah dan Yogyakarta

"Mesin gasoline teknologi sekarang ini lebih bagus dari diesel yang lama dari sisi performa. Diatas kertas, power lebih besar daripada diesel. Jadi, segmen dibagi dan fokus, dieesel di fokuskan mobil-mobil fungsional sebagai SUV yang sebenarnya," ucap Hartono. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.