Kompas.com - 25/11/2022, 09:22 WIB

RANTAUPRAPAT, KOMPAS.com - Perjalanan tim Merapah Trans-Sumatera 2022 sudah sampai Rantauprapat, Sumatera Utara. Kami sudah melewati Jalan Tol Trans-Sumatera di antaranya Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter), Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), Pekanbaru-Dumai (Permai), sampai Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera.

Perjalanan di Tol Bakter dan Terpeka serta Jalintim kami lewati juga saat malam hari. Bisa dikatakan, penerangan jalan cukup minim baik di tol atau jalan non tol, jadinya cukup berbahaya untuk dilalui saat gelap.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan ketika terpaksa masih berada di jalanan tersebut saat gelap. Hal ini harus diperhatikan untuk keselamatan diri sendiri selama perjalanan.

Baca juga: Uji Ketangguhan Honda BR-V Libas Lintas Timur Sumatera Menuju Jambi

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan, minimnya penerangan jalan berimbas pada visibilitas pengemudi. Selain itu, ada cara komunikasi yang berbeda serta banyak pengemudi yang kurang taat aturan, khususnya kecepatan.

"Pertama, jaga kecepatan agar mendapat visibilitas yang luas dan memiliki ruang untuk antisipasi," ucap Sony kepada Kompas.com, Kamis (24/11/2022).

Baca juga: Penjualan Suzuki Masih Bersandar kepada New Carry

Tips kedua adalah siap-siap mengerem atau cover brake dan menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Banyak mobil atau truk yang berhenti serta belok tiba-tiba, jadi harus selalu siap mengerem.

Tips ketiga adalah kontrol emosi selama perjalanan, hindari konflik dengan pengguna jalan lain. Terakhir, berjalanlah secara beriringan dengan kendaraan lain untuk menghindari begal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.