Kompas.com - 25/11/2022, 10:02 WIB

RANTAUPRAPAT, KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Sumatera 2022 sudah sampai di Rantauprapat, Sumatera Utara dari Pekanbaru, Riau, Kamis (24/11/2022). Kami melakukan perjalanan selama 12 hari dari Jakarta menuju Aceh sebagai tujuan akhirnya memakai Honda BR-V.

Perjalanan yang panjang ini tentunya harus disiapkan dengan membawa barang bawaan yang cukup banyak. Setiap mobil diisi sampai empat orang dengan bangku baris ketiga yang dilipat, untuk menaruh tas atau koper.

Secara akomodasi, bagasi Honda BR-V sangat lega, apalagi saat bangku baris ketiga dilipat rata lantai. Dua koper berukuran sedang, dua tas besar serta beberapa ransel bisa disusun sampai rapi dan muat di bagasi.

Baca juga: Petualangan Honda BR-V Lewati Lintas Timur Sumatera Menuju Pekanbaru

Sebenarnya, ada beberapa tips bagi yang mau membawa barang bawaan cukup banyak untuk perjalanan jauh. Seperti yang dikatakan oleh Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia.

"Pertama tambahkan pengaman berupa cargo net supaya barang tidak bergeser dan mengganggu konsentrasi pengemudi," kata Sony kepada Kompas.com, Kamis (24/11/2022).

Kemudian, peletakan barang yang penampangnya lebar, seperti tas bisa menghadap ke atas atau bawah, jadi dudukannya lebih stabil. Lalu taruh barang yang berat di paling bawah kalau misal mau ditumpuk dan yang ringan di atasnya.

Baca juga: Bahas Baterai Kijang Innova Zenix Hybrid, Dapat Garansi 8 Tahun

"Posisikan barang searah ke depan untuk memudahkan keluar masuk. Lalu persiapkan barang yang sering digunakan sepanjang perjalanan di paling atas agar mudah mengambilnya," kata Sony.

Sony menyarankan agar menghindari menumpuk barang yang berupa cairan. Selain itu jangan membawa barang yang mudah terbakar, meledak, berbau menyengat dan tajam.

"Terakhir ketinggian barang tidak lebih dari sandaran jok (untuk visibilitas ke belakang) dan kalau pakai roof box, pastikan hanya diisi barang yang ringan. Hal ini dilakukan supaya tidak mengganggu keseimbangan kendaraan," ucapnya.

Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige dengan Honda Sensing KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige dengan Honda Sensing

Selain bagasinya yang lega, terdapat beberapa penyimpanan di baris pertama dan kedua. Misal ada cup holder di depan dan kantung di balik bangku pengemudi dan penumpang depan.

Hal ini sangat membantu membawa barang bawaan yang sering digunakan, sepeti casan, power bank, sampai botol minum. Jadi penumpang tidak perlu repot bolak-balik ke bagasi untuk ambil barang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.