Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenalan dengan Teknologi TSS 3.0 Kijang Innova Zenix Hybrid

Kompas.com - 24/11/2022, 14:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua varian pada All New Kijang Innova Zenix Hybrid, yakni Q HV CVT dan Q HV CVT Modellista hadir dengan teknologi Toyota Safety Sense (TSS) 3.0.

Kehadiran teknologi yang merupakan fitur keselamatan aktif ini, membuat Innova makin naik kelas, terutama dalam hal perlindungan bagi pengendara dan penumpang.

Seperti diketahui, TSS 3.0 sebelumnya sudah digunakan oleh Toyota pada Voxy terbaru. Ada beberapa pengembangan yang dilakukan pada TSS 3.0.

Baca juga: Evolusi Toyota Kijang, Fakta dan Sejarah Baru Innova Zenix Hybrid

Pertama, jarak deteksi ke depan menjadi lebih luas, baik ke atas maupun ke bawah juga sisi kanan-kiri.

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid lagi tes jalan di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.Toyota/TMMIN Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid lagi tes jalan di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.

Tak hanya itu, deteksi ke depan kini bisa melihat obyek bergerak lebih luas, bahkan dengan jarak yang lebih dekat. Kedua peningkatan juga masuk dalam aspek teknis pada radar.

Ada empat fitur keselamatan TSS yang tersemar pada Innova Zenix Hybrid TSS, yakni Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) & Lane Tracing Assist (LTA), dan Automatic High Beam (AHB).

Peningkatan fitur PCS sanggup mengurangi kecepatan dengan lebih baik, termasuk saat mendeteksi pejalan kaki dan pesepeda, baik saat siang maupun malam hari.

PCS pada TSS 3.0 juga dapat mendeteksi pejalan kaki dan pengendara sepeda yang melintasi jalurnya dari arah yang berlawanan.

Sistem ini juga mampu mendeteksi kendaraan lain dan pengendara sepeda motor yang melintas di persimpangan.

Toyota Safety Sense 3.0 Kijang Innova Zenix HybridTAM Toyota Safety Sense 3.0 Kijang Innova Zenix Hybrid

Pada LTA, terdapat peningkatan teknologi deteksi yang sudah menggunakan 3D Recognition. Dengan demikian, lebih banyak obyek yang dapat terdeteksi seperti mobil yang sedang parkir, pembatas jalan, hingga garis dan marka jalan.

Baca juga: Tes Kijang Innova Zenix Hybrid, Tenaga Besar Mulai Putaran Awal

Sementara peningkatan pada fitur DRCC adalah terdapat pengaturan jarak baru, yaitu 4 stages, yang membuat Kijang Innova Zenix dapat menjaga jarak lebih jauh dari kendaraan yang ada di depan.

Bahkan terdapat pengaturan kecepatan yang dapat mendeteksi kendaraan kedua yang berada lebih jauh di depan, sehingga dapat menyesuaikan kecepatan lebih dini dan akurat.

All New Kijang Innova Zenix HybridKOMPAS.com/OTOMOTIF All New Kijang Innova Zenix Hybrid

Selain TSS, Innova Zenix Hybrid juga sudah dilengkapi dengan beragam fitur modern lain yang juga berguna memanjakan penumpang dan membantu kemudahan dalam berkendara.

Mulai electric parking brake + brake hold pada semua varian, start stop button dan smart entry, power back door with voice command, panoramic view monitor, hill start assist, vehicle stability control, serta fitur telematik T Intouch.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com