Evolusi Toyota Kijang, Fakta dan Sejarah Baru Innova Zenix Hybrid

Kompas.com - 23/11/2022, 13:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia akhirnya resmi meluncurkan All New Kijang Innova Zenix Hybrid, yang menjadi generasi ketujuh dari keluarga Kijang di Indonesia.

Mobil keluarga yang sudah memiliki nama besar di Indonesia ini hadir dengan perubahan total. Bahkan konsepnya sedikit bergeser mengarah ke multi-purpose crossover.

Tak hanya itu, munculnya generasi baru ini juga menjadi tonggak sejarah baru dalam evolusi Kijang di Indonesia, karena banyaknya perubahan mendasar pada Kijang Innova Zenix.

Mobil yang pertama kali hadir dengan konsep basic utility vehicle (BUV) pada 1977 tersebut, kini mengalami transformasi besar-besaran yang. Tak sekadar naik kelas, tapi juga menawarkan level baru dari sebuah mobil keluarga yang ramah lingkungan.

Baca juga: Innova Zenix Meluncur, Cek Daftar Harga Mobil Hybrid di Indonesia

Dibanding generasi sebelumnya, ada banyak ubahan radikal pada Kijang Zenix. Bukan sekadar teknologi elektrifikasi, tapi juga perangkat lain yang untuk pertama kalinya melengkapi mobil yang sudah hadir sejak 1970-an tersebut.

Toyota Kijang Generasi ITAM Toyota Kijang Generasi I

Hal ini yang kemudian membuat fakta dan sejarah baru bagi Kijang Innova Zenix, khususnya untuk evolusi perjalanan di Tanah Air dengan gambaran singkat sebagai berikut ;

Generasi pertama lahir pada 1977 dengan konsep BUV yang dibangun menyesuaikan program Kendaraan Bermotor Niaga Serbaguna (KBNS) dengan ciri memiliki bonnet dengan mesin di depan yang kerap disebut Kijang Buaya.

Untuk generasi kedua jadi tonggak sejarah lantaran pada 1981 Kijang resmi memasuki era sebagai mobil penumpang menggunakan sasis KF20 dan mesin 4K 1.300 cc dan 5K 1.500 cc.

Dengan desain kotak dan memiliki tampilan bodi kurus, model ini kerap dijuluki Kijang Doyok dengan beberapa versi seperti, Beta, Turangga, dan lainnya.

Pada 1986, lahir Kijang Super atau generasi ketiga dengan peningkatan kenyamanan yang lebih baik dan proses manufaktur yang disebut full pressed body (FPB). Bahkan perjalanannya mengalami peningkatan pada 1992 dengan proses perakitan bebas dempul dengan nama Toyota Original Body (TOB) pada 1992.

Baca juga: Alasan Kijang Innova Zenix Kini Pakai Penggerak Depan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.