Kompas.com - 24/11/2022, 11:42 WIB

BURIRAM, KOMPAS.com - Asia Cross Country Rally (AXCR) sering kali digelar dengan melintasi negara-negara di Asia Tenggara. Sehingga, tak menutup kemungkinan jika Indonesia bisa dilibatkan.

Sesuai dengan namanya, reli ini merupakan lintas negara. Sejak awal digelar, negara yang dijadikan rute, seperti Malaysia, Singapura, Laos, Vietnam, Myanmar, China, Kamboja, dan Thailand.

Baca juga: Rifat Selesaikan Hari Kedua AXCR 2022, Tanpa Sokbreker dan Pecah Ban

Rifat Sungkar, pereli nasional yang masuk dalam Mitsubishi Ralliart di AXCR 2022, mengatakan, Indonesia seharusnya juga bisa menjadi tuan rumah dari ajang balap tersebut.

Mitsubishi Triton yang digunakan Rifat Sungkar dan Chupong Chaiwan pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di ThailandDok. Mitsubishi Ralliart Mitsubishi Triton yang digunakan Rifat Sungkar dan Chupong Chaiwan pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di Thailand

"Harusnya bisa ya, karena Thailand kan segitu kecil negaranya aja bisa bikin begini. Kita kayak Kalimantan dan Sumatera itu punya hutan yang sangat cukup," ujar Rifat, kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Rifat menambahkan, saat ini masih banyak yang belum tahu tentang AXCR. Tapi, menurutnya, Indonesia memiliki tempat yang sangat cukup untuk dijadikan rute AXCR.

Baca juga: Ubahan Pikap Mitsubishi Triton Jadi Mobil Reli AXCR 2022

"Masalahnya cuma satu, masyarakatnya terlalu banyak. Jadi, untuk mengondisikan jalanannya itu perlu usaha yang lebih besar kan dibanding dengan negara seperti itu," kata Rifat.

Mitsubishi Triton yang digunakan Rifat Sungkar dan Chupong Chaiwan pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di ThailandDok. Mitsubishi Ralliart Mitsubishi Triton yang digunakan Rifat Sungkar dan Chupong Chaiwan pada Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 di Thailand

Pada AXCR 2022, Rifat dipercaya oleh Mitsubishi Ralliart untuk menjadi salah satu pebalapnya. Dia mengendarai Mitsubishi Triton bersama rekan setimnya, Chupong Chaiwan.

Rifat mengaku, partisipasinya dalam AXCR merupakan pengalaman pertamanya di dunia reli. Sebab, selama ini dia biasa mengikuti ajang Sprint Rally.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.