Kompas.com - 23/11/2022, 17:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi pengendara kendaraan bermotor, jalan tol merupakan lintasan yang sudah tidak asing lagi. Di Indonesia sendiri, ada berbagai ciri khas dan keunikan dari tiap jalan tol.

Singing Road atau jalan tol yang bisa bernyanyi menjadi salah satu keunikan dari jalan tol Trans Jawa. Singing Road pertama di Indonesia tersebut dipasang sejak Desember 2019.

Dirangkum dari laman bpjt.pu.go.id, Singing Road terletak di Jalan Tol Ngawi - Kertosono - Kediri Km 616. Namun pada titik tersebut hanya terdapat dua nada saja.

Baca juga: Persiapan yang Harus Dilakukan Jika Ingin Ikut Reli AXCR Pakai Motor

Untuk Singing Road kedua berada di Km 644+200 B (arah Madiun-Solo) yang terdiri dari enam nada sehingga bunyi yang dihasilkan lengkap, yaitu nada "happy birthday to you" atau selamat ulang tahun yang sudah dipasang dua pekan sebelum hari raya Natal 25 Desember 2019.

Singing Road merupakan marka jalan berupa "Speed Trap" dengan ketebalan 3 milimeter. Rumbble Strip itu kemudian ditata dengan jarak berdekatan agar saat dilindas ban mobil akan terdengar suara hingga kabin.

Nada sangat jelas terdengar jika mobil bergerak dengan kecepatan 80-100 km per jam. Jika kecepatan mobil lebih atau kurang nada tersebut tidak akan terdengar dengan baik.

Inovasi yang baru diterapkan di jalan tol ini ditujukan untuk meningkatkan keselamatan dalam bekendara. Jalan Tol Trans Jawa yang didominasi jalan lurus dapat membuat pengendara jalan tol lengah.

Singing road di Jalan Tol Trans-JawaKementerian PUPR Singing road di Jalan Tol Trans-Jawa

Karena kondisi yang membosankan, rasa kantuk akan timbul saat melewati ruas jalan tol ini. Singing Road dipasang untuk mengembalikan fokus pengemudi agar dapat berkonsentrasi kembali.

Lokasi Singing Road di Km 616 dan Km 644+200 B dipilih berdasarkan hasil evaluasi di mana lokasi tersebut merupakan titik lelah pengendara, sehingga pengendara akan kurang fokus saat menyetir pada titik ini.

Baca juga: Uji Ketangguhan Honda BR-V Libas Lintas Timur Sumatera Menuju Jambi

Pemasangan Singing Road di Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri adalah upaya menekan jumlah angka kecelakaan lalu lintas. Karena setelah Singing Road dipasang, angka kecelakaan pada ruas tersebut berkurang.

PT. Jasamarga Ngawi Kertosono selaku Badan Usaha Jalan Tol telah memasang rambu pemberitahuan sebelum melewati Singing Road agar pengendara tetap waspada.

Saat ini Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri telah terpasang tiga rambu, yaitu 50 meter sebelum, 200 meter sebelum, dan 400 meter sebelum jalan bernada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.